Alur Tata Laksana Psoriasis di Indonesia

SEGERA TERBIT

Alur Tata Laksana Psoriasis di Indonesia

Tim Penulis dan Editor: Danang Tri Wahyudi, Endi Novianto, Eyleny Meisyah Fitri, Githa Rahmayunita, Windy Keumala Budianti

Buku ini merupakan hasil kesepakatan para ahli psoriasis anggota KSPI pada kegiatan Expert Meeting tanggal 3 Maret 2024 di Bandung. Buku pertama berjudul “Pedoman Tatalaksana Psoriasis dan Informed Consent” diterbitkan pada tahun 2013. Buku kedua “Pedoman Penggunaan Siklosporin pada Psoriasis” diterbitkan pada tahun 2015. Buku ketiga “Pedoman Penggunaan Agen Biologis Untuk Terapi Psoriasis di Indonesia” diterbitkan tahun 2016. Buku keempat “Alur Tata Laksana Psoriasis Vulgaris (Tipe Plak) Di Indonesia.”

Psoriasis merupakan penyakit yang dapat mengganggu kualitas hidup pasien. Keparahan penyakit, keterlibatan sistemik, dan komplikasi merupakan masalah besar yang dapat dihadapi penyandang psoriasis. Bertambahnya pengetahuan tentang patofisiologi psoriasis, maka berkembang pula terapi untuk pengobatan psoriasis serta komorbid dan komplikasinya. Di Indonesia saat ini telah tersedia berbagai pilihan terapi untuk pengobatan psoriasis baik topikal, sistemik konvensional, maupun agen biologis. Oleh karena itu, sebagai dokter spesialis dermatologi, venerologi, dan estetika berperan untuk dapat memililih secara cepat berbagai terapi sesuai dengan indikasi dan tipe psoriasis.

 

 

About the Author: admin

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *