Digital Public Health

Segera Terbit
Digital Public Health
Tim Penulis:
1. Prof. Asnawi Abdullah, SKM., MHSM., MSc.HPPF, DLSHTM, Ph.D
2. Prof. Dr. Besral, SKM, MSc
3. Loveria Sekarrini, SKM, MKM
4. Fajar Ariyanti, SKM, M.Kes, Ph.D
5. Sigit Ari Saputro, S.KM., M.Kes., Ph.D. (D.Sc.H)
6. Dewa Ngakan Gde Wahyu Mahatma Putra, S.ST., M.A.R.S.,
7. Dr. Rico Kurniawan, SKM., MKM.
8. Hendy Risdianto Wijaya, S.T., M.T., Ph.D.
9. Anis Fuad, S.Ked, DEA

Ilmu Kesehatan Masyarakat telah mengalami transformasi pesat akibat kemajuan Teknologi Digital. Berbagai inovasi digital telah mentransformasi pendekatan ilmu dan seni berbagai upaya kesehatan masyarakat. Telah mendorong lahirnya bidang kajian baru yang dikenal dengan Digital Public Health disingkat dengan DiPH. DiPH mencakup integrasi berbagai Teknologi Digital (alat, metode dan platform, dll.) ke dalam berbagai upaya kesehatan masyarakat. Untuk meningkatkan literasi dan kompetensi DiPH, kami dengan bangga mempersembahkan buku ini, sebuah buku Pengantar DiPH, yang merupakan hasil kolaborasi antara Tim AIPTKMI – Asosiasi Institusi Pendidikan Tinggi Kesehatan Masyarakat Indonesia dengan THI – Transform Health Indonesia dan Kementerian Kesehatan RI.

Buku ini dirancang untuk memberikan pemahaman yang komprehensif mengenai konsep dasar Digital Public Health (DiPH) serta penerapannya dalam berbagai konteks kesehatan masyarakat. Dengan struktur yang terorganisir dengan baik, buku ini mencakup berbagai topik penting, mulai dari konsep dasar Digital Public Health (DiPH) hingga aplikasi praktisnya dalam pengumpulan dan analisis data, serta pemanfaatan teknologi untuk memperkuat sistem kesehatan primer dan sekunder. Selain itu, buku ini juga menyajikan studi kasus, best practice, dan rekomendasi untuk mendukung pembaca dalam mengimplementasikan konsep-konsep tersebut dalam praktik sehari-hari.

Kami berharap buku ini dapat menjadi panduan yang berguna bagi para praktisi kesehatan masyarakat, pengambil kebijakan, peneliti, mahasiswa, dan siapa pun yang tertarik untuk memperdalam pemahaman mereka tentang Digital Public Health. Semoga buku ini menjadi salah satu bacaan wajib bagi mahasiswa kesehatan masyarakat di seluruh institusi Pendidikan Kesehatan Masyarakat di seluruh Indonesia.

About the Author: UI Publishing

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *