Pengembangan Produk Berbahan Biomassa untuk Kemajuan Industri Herbal dan Kosmetik

SEGERA TERBIT

Pengembangan Produk Berbahan Biomassa untuk Kemajuan Industri Herbal dan Kosmetik

Penulis: Dewi Tristantini

Buku ini ditujukan untuk memberi penjelasan singkat kepada Bapak, Ibu dan Saudara/i sekalian tentang bagaimana biomassa yang ada didunia ini sebetulnya mempunyai manfaat bagi siapa saja, karena memang sumber daya alam tersebut dianugerahkan Tuhan YME agar digunakan sebaik-baiknya untuk mencukupi kehidupan segenap mahkluk Nya.

Biomassa adalah istilah yang digunakan untuk menyebut semua bahan organik yang berasal dari tanaman budidaya (baik di darat maupun di laut) serta semua sampah organik yang dapat dijadikan sumber bahan baku bagi industri makanan, obat herbal, kosmetik dan lain-lain. Biomassa sangat baik untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia karena bahan baku yang sangat melimpah ada di sekitar kita yang disebabkan oleh biodiversity Indonesia yang termasuk sepuluh besar  di dunia. Disamping itu, pemanfaatan biodiversity tanah air yang melimpah tersebut, dapat menciptakan bahan-bahan organik inovatif terbarukan yang berpeluang sebagai pengganti bahan sintetik yang kurang ramah lingkungan. Dalam buku pidato saya ini, saya tampilkan hasil penelitian saya yang bermanfaat sebagai obat herbal (3 produk) dan bahan kosmetik (1 produk).

Menyerap ilmu dari berbagai kalangan dan berbagai komunitas di berbagai tempat di dunia, membuat saya mengerti bahwa hidup itu “samad-sinamadan” atau saling membutuhkan satu sama lain.

 

 

About the Author: admin

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *