Sistematika Tumbuhan

Sistematika Tumbuhan

Segera Terbit !!!!

Sistematika Tumbuhan

Buku berjudul Sistematika Tumbuhan ini disusun dalam rangka untuk mengenalkan ilmu dasar kepada mahasiswa Indonesia. Buku ini didasari pemikiran bahwa pengenalan sistematika perlu dibuat dalam suatu yang menyatukan perkembangan global dan perkembangan lokal. Gagasan ini dimulai dengan memberikan gambaran tentang sistematika, sejarah klasifikasi disertai dengan perkembangan terbarunya, klasifikasi tumbuhan terbaru dan uraian contoh-contoh takson untuk pengenalan. Contoh-contoh yang diberikan diutamakan berasal dari ragam spesies yang merupakan tumbuhan asli Indonesia.

Setelah mengenali hasil klasifikasi yang ada saat ini, penjelasan mengenai apa dan bagaimana suatu sistematika dibangun. Berbagai bukti-bukti sistematika mulai dari yang tradisional hingga molekuler disajikan sesuai dengan perkembangan khasanah sistematika sekarang. Selain itu, suatu konsep dasar mengenai aturan tata nama dalam sistematika sebagai dasar universal juga dibahas dan dikaitkan dengan perkembangan sehari-hari yang relevan dengan perkembangan sistematika yang ada di Indonesia. Kemudian, bukti-bukti sistematika digunakan dalam identifikasi dan konsep spesies juga dibahas agar pemahaman lebih menyeluruh.

Bagian terakhir dari buku ini diupayakan untuk menyentuh tataran praktis terkait kajian sistematika yang dapat diterapkan pada tingkat mahasiswa strata S1 serta generasi muda lainnya yang ingin ikut memberikan sumbangsih pada perkembangan ilmu sistematika di Indonesia pada tataran paling mendasar. Berbagai ragam kajian yang dapat dilakukan serta beberapa petunjuk teknis juga diberikan agar konsep yang didapatkan selama perkuliahan dapat langsung untuk diterapkan, setidaknya pada saat pelaksanaan tugas akhir.

About the Author: UI Publishing

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *