NERACA MAKROEKONOMI KONSEP DASAR DAN APLIKASI INDONESIA

SEGERA TERBIT

NERACA MAKROEKONOMI KONSEP DASAR DAN APLIKASI INDONESIA

Penulis: Mohamad Ikhsan, Hadyan Prabowo, Nismara Paramayoga, Tarisha Yuliana, Yoshua Caesar Justinus

 

Buku Neraca Makroekonomi ini adalah proyek buku yang telah dimulai sejak tahun 1990 menjelang keberangkatan saya menempuh program S2 di Vanderbilt University. Buku ini awalnya adalah manual statistik makroekonomi yang menjelaskan berbagai neraca makroekonomi baik secara konseptual maupun aplikasinya di Indonesia yang diterbitkan sebagai output dari Pusat Antar Universitas (Inter-University Centre) Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Setelah selesai dari program S2, saya gunakan materi ini sebagai bahan ajar untuk mata kuliah Perekonomian Indonesia dengan melakukan update di beberapa neraca makroekonomi tersebut. Keinginan untuk memperbarui dan mengembangkan buku ini muncul kembali setelah saya menyelesaikan pendidikan S3 di University of Illinois at Urbana-Champaign akhir November 1998. Bahan ajar yang berupa diktat kemudian disatukan kembali menjadi satu buku yang utuh.

Naskah ini semakin relevan saat IMF juga menerbitkan dua publikasi penting untuk negara ekonomi transisi di Eropa Timur dan Financial Programming untuk kasus Turki, yaitu Macroeconomic Accounting and Analysis in Transition Economies: the case of Poland yang ditulis oleh Abessatar Ouanes and Subhash Tahkur (1997) dan Financial Programming and Policy: the case of Turkey (2000), yang keduanya diterbitkan oleh IMF Institute.  Kedua buku ini menjadi kerangka dasar dalam penyusunan buku neraca makroekonomi ini.

Membaca publikasi terakhir dari IMF untuk kasus Turki, update yang terbit tahun 2005, saya menyadari draf buku yang saya susun sebelumnya menjadi kurang relevan atau kurang up-to-date dengan realitas yang ada. United Nations telah merevisi System of National Accounts  (SNA) tahun 2008 sementara naskah awal masih berdasarkan manual tahun 1993. Begitu pula dengan IMF telah melakukan revisi yang fundamental dalam manual penyusunan statistik neraca pembayaran, moneter, dan APBN.

BPS telah mengupdate penyusunan statistik pendapatan nasional berdasarkan System of National Accounts 2008 dan telah digunakan dalam penyusunan PDB atau PDRB sejak 2012 saat mengubah tahun dasar menjadi tahun 2010. Bank Indonesia juga melakukan revisi penyusunan neraca pembayaran sehingga format penyajian sudah sangat berbeda dengan naskah awal buku ini.

 

About the Author: UI Publishing

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *