Dinamika Sosial Ekonomi dan Kognitif Siswa di Indonesia: Tinjauan dari Perspektif Ilmu Ekonomi

Segera Terbit
Dinamika Sosial Ekonomi dan Kognitif Siswa di Indonesia: Tinjauan dari Perspektif Ilmu Ekonomi
Penulis:

  1. Thia Jasmina
  2. Sri Redatin Retno Pudjiati
  3. Adisti Maharani
  4. Jihan Refkia
  5. Maurizky Febriansyah
  6. Muhammad Amin Rizky
  7. Nisma Anggara Samalo
  8. Priskila Agatha Sulaiman

Penulisan buku ini dilatarbelakangi oleh semakin tingginya minat mahasiswa Ilmu Ekonomi, khususnya di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia untuk menulis kajian pendidikan dari perspektif ilmu ekonomi, akan tetapi buku yang merangkum kajian pendidikan dari perspektif ilmu ekonomi secara empiris di Indonesia masih sangat terbatas. Pendidikan menjadi sangat menarik dikaji dari perspektif ilmu ekonomi untuk “memproduksi pendidikan” yang tidak bisa terlepas dari aspek “manusianya.” Tulisan dalam buku ini mengkaji secara empiris faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kognitif individu pada usia sekolah dengan kerangka konseptual ilmu ekonomi.

Data yang digunakan dalam tulisan di buku ini adalah data individu yang diperoleh dari Indonesia Family Life Survey (IFLS) gelombang keempat (2007/2008) dan kelima (2014/2015). IFLS adalah survei longitudinal yang dikelola oleh RAND Corporation, sebuah organisasi penelitian nonprofit dan nonpartisan yang mencakup lebih dari 30.000 individu dari 13 provinsi di Indonesia, dan merupakan sumber data yang sangat kaya akan informasi terkait individu dan rumah tangga di Indonesia.

Kontribusi dari para penulis dalam buku ini merefleksikan komitmen terhadap pembelajaran dan penelitian khususnya di bidang ekonomi pendidikan. Kami berharap bahwa buku ini tidak hanya akan menjadi sumber informasi yang berharga bagi kalangan mahasiswa, akademisi, tetapi juga bagi pembuat kebijakan dan masyarakat luas.

About the Author: UI Publishing

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *