Tatalaksana Holistik Cedera Akibat Olahraga: Menuju Prestasi Emas Olahraga Indonesia

SEGERA TERBIT

Tatalaksana Holistik Cedera Akibat Olahraga: Menuju Prestasi Emas Olahraga Indonesia

Penulis : Andri Maruli Tua Lubis 

Olahraga merupakan kegiatan yang dilakukan oleh seseorang untuk menguatkan dan menyehatkan tubuhnya. Sudah lama kita mengenal pepatah mens sana in corpore sano yang berarti “dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang sehat”. Umumnya kegiatan olahraga dilakukan seseorang untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan kebugaran.

Olahraga merupakan aktivitas yang menyenangkan, terutama bila dilakukan bersama sahabat ataupun dalam suatu kelompok. Namun, risiko cedera selalu ada saat melakukan olahraga, baik dalam rangka prestasi maupun rekreasi. Tentunya, risiko cedera lebih besar terjadi pada olahraga prestasi yang bertujuan untuk mencapai hasil yang semaksimal mungkin, menggapai prestasi juara. Risiko ini semakin tinggi pada olahraga berjenis kontak fisik seperti: sepak bola, futsal, basket, dan olahraga bela diri. Sesuai namanya, olahraga kontak dicirikan oleh kontak fisik sampai benturan yang terjadi antara atlet dengan lawan. Tentunya, akibat kontak fisik ini, cedera olahraga sangat sulit dihindari.

Bagi atlet profesional, olahraga yang ditekuni merupakan mata pencaharian utama dan sumber mencari nafkah. Oleh karena itu, cedera yang mengganggu kemampuan atlet untuk melakukan olahraga dapat berisiko mengakhiri karir atlet yang mengalami cedera. Dalam perkembangan penanganan cedera olahraga, sering kali kami temui atlet yang terpaksa mengakhiri karirnya di usia muda akibat cedera yang tidak ditangani dengan baik. Apabila atlet yang masih sangat muda dan berpotensi untuk berkembang, mengalami cedera yang tidak ditangani dengan baik maka dapat saja ia terpaksa dikembalikan ke daerah asal dan karirnya sebagai seorang atlet berakhir. Padahal, apabila ditangani dengan tepat atlet tersebut masih berkesempatan untuk kembali melakukan kegiatan olahraga dan berprestasi di tingkat nasional maupun internasional.

Oleh karena itu, penanganan yang tepat secara holistik, menyeluruh dan terpadu, pada cedera akibat olahraga sangat diperlukan agar seorang atlet dapat berolahraga dan berprestasi kembali. Kita berharap dengan demikian, dambaan seluruh masyarakat Indonesia dapat terwujud: menyongsong prestasi emas olahraga Indonesia.

 

About the Author: UI Publishing

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *