Buku Pendidikan Dasar Ilmu Kesehatan Telinga Hidung Tenggorok – Bedah Kepala Leher (Buku KEDUA)

Segera Terbit

Buku Pendidikan Dasar Ilmu Kesehatan Telinga Hidung Tenggorok – Bedah Kepala Leher (Buku KEDUA)

Editor:
Dr. dr. Ronny Suwento, Sp.T.H.T.B.K.L.,Subsp.K. (K)
dr. Niken Lestari Poerbonegoro, Sp.T.H.T.B.K.L.,Subsp.A.I. (K)
dr. Syahrial M. Hutauruk, Sp.T.H.T.B.K.L.,Subsp.L.F. (K)

Ilmu Kedokteran merupakan bidang keilmuan yang terus berkembang, dimana kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran yang tumbuh terus tidak terhenti baik dari segi dimensi ruang maupun waktu. Hal ini sejalan dengan perjalanan dan perjuangan di bidang kedokteran, khususnya ilmu Telinga Hidung dan Tenggorok Bedah Kepala Leher untuk mengembangkan mutu pendidikan

Buku Pendidikan Dasar Ilmu Kesehatan Telinga Hidung Tenggorok – Bedah Kepala Leher] diterbitkan sebagai acuan sumber pengetahuan dan perkembangan terkini dalam bidang Telinga Hidung Tenggorok-Bedah Kepala Leher (THT-BKL) untuk menjawab kemajuan dan kebaharuan penatalaksanaan penyakit THT-BKL. Buku ajar ini merupakan buku teks dan referensi yang mudah dipelajari dan ditujukan terutama untuk mahasiswa kedokteran dan dokter umum. Namun demikian, buku ajar ini juga dapat dimanfaatkan oleh peserta didik yang sedang mengikuti program pendidikan spesialis atau pendidikan profesi lainnya yang terkait dengan bidang THT-BKL, seperti Akademi Audiologi atau Akademi Terapi Wicara.

Banyaknya materi yang perlu diulas, maka buku ini diterbitkan dalam dua bagian, yaitu Buku pertama dan Buku kedua. Setiap bab memberikan banyak informasi tentang masalah kesehatan THT-BKL di Indonesia. Buku ini ditulis bersama oleh para pakar THT-BKL dari Departemen THT-BKL Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia/RSUPN dr. Cipto Mangunkusumo berdasarkan pengetahuan terkini dan pengalaman kolektif, disertai inovasi teknologi, dalam menangani berbagai kasus THT–BKL, baik sebagai pendidik klinis, klinis maupun peneliti. Masing-masing bab disusun berdasarkan kerangka pembelajaran mulai dari definisi, epidemiologi, etiopatogenesis, gejala dan tanda klinis, pemeriksaan penunjang, tatalaksana, edukasi untuk pasien, dan prognosis. Buku ini juga dilengkapi dengan materi future and promising treatment yang membahas kemungkinan perkembangan dan kemajuan ilmu kesehatan THT-BKL pada masa yang akan datang.

Agar materi yang disajikan mudah dipelajari, seluruh informasi pokok yang diperlukan untuk pemahaman dasar suatu topik terdapat pada teks utama, gambar sketsa, foto, tabel dan algoritma. Setiap bab disusun pula berdasarkan tingkat kemampuan atau kompetensi mahasiswa/dokter yang diharapkan tercapai dari proses pendidikan terhadap berbagai penyakit di bidang THT-BKL. Kami berharap para mahasiswa kedokteran tetap menyimpan buku ini ketika mereka telah lulus, agar dapat menggunakan buku ini sebagai referensi ketika mereka melakukan prosedur diagnosis dan penatalaksanaan penyakit THT-BKL sesuai dengan kompetensinya.

Buku ajar Pendidikan Dasar Ilmu Kesehatan Telinga Hidung Tenggorok-Bedah Kepala Leher ini telah ditulis secara ringkas dan padat. Penjelasan dinarasikan secara menarik disertai dengan gambar berwarna yang memudahkan pembaca memahami dengan baik setiap topiknya. Diharapkan dengan adanya buku ini dapat membantu mahasiswa kedokteran, khususnya mahasiswa kedokteran jenjang S1 untuk memahami dan menguasai pengetahuan, kemampuan, dan keterampilan dasar dalam anamnesis, pemeriksaan fisik, diagnosis serta terapi penyakit bidang THT-BKL pada layanan kesehatan primer.

About the Author: admin

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *