Buku Pasien Adaptasi Terhadap Nyeri Kanker Payudara

Segera Terbit

Buku Pasien Adaptasi Terhadap Nyeri Kanker Payudara

Disusun oleh:
Riri Maria, S.Kp., MANP
Prof. Agung Waluyo, SKp., MSc.,Ph.D Dewi Irawaty, MA., Ph.D
Dr. Ede Surya Darmawan, SKM.,MDM

 

Kanker payudara banyak terjadi pada wanita terutama yang berusia lebih tua. Terdapat 1.7 juta kasus di seluruh dunia. Kanker payudara merupakan penyakit ketika pertumbuhan sel di payudara yang tidak terkontrol. Penyakit ini dapat dikenali dengan adanya gejala berupa benjolan, perubahan puting, atau adanya cairan yang keluar dari puting.

Pasien yang mengalami kanker payudara akan merasakan nyeri akibat penyakit kanker itu sendiri, pengobatan kanker, atau kombinasi dari keduanya. Nyeri biasanya terjadi pada kanker dengan stadium lanjut yang dialami lebih dari 60% pasien (IASP, 2020).
Perasaan nyeri, kondisi yang berpotensi mengakibatkan stress dan penurunan kualitas hidup sangat dipengaruhi oleh bagaimana seseorang mengatasi kondisi atau penyakitnya tersebut.Pasien yang mengalami nyeri diharapkan mampu beradaptasi dengan nyerinya, sehingga diharapkan mampu mengontrol nyeri pada pasien kanker.

Agar mampu beradapatasi dengan positif diperlukan kemampuan dalam melakukan mekanisme koping secara tepat dan adaptif.
Pengetahuan yang baik tentang mekanisme adaptasi nyeri sangat penting dimiliki oleh pasien kanker. Hal ini dikarenakan pasien yang memiliki pengetahuan yang baik, khususnya tentang adaptasi nyeri pada pasien kanker diharapkan mampu mampu mengontrol nyerinya dengan efektif.
Buku pasien ini diharapkan dapat membantu pasien kanker payudara untuk dapat memahami nyeri pada kanker dan cara mengelolanya, serta membantu untuk menerapkan dan meningkatkan adaptasi yang efektif terhadap nyeri kanker.

Buku ini disusun bertujuan sebagai media edukasi bagi pasien kanker payudara yang mengalami nyeri kanker untuk dapat lebih memahami pengelolaan nyeri dengan baik. Pada buku ini juga akan dijelaskan mengenai adaptasi nyeri yang dapat dilakukan sehingga pasien dapat beradaptasi secara positif.

 

About the Author: admin

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *