SERI FARMAKOLOGI DAN TERAPI PADA POPULASI KHUSUS ;SERI 1: Prinsip Farmakologi dan Terapi pada Anak dan Lanjut Usia

SEGERA TERBIT

SERI FARMAKOLOGI DAN TERAPI PADA POPULASI KHUSUS ;SERI 1: Prinsip Farmakologi dan Terapi pada Anak dan Lanjut Usia

Penulis: Melva Louisa
Editor: Vivian Soetikno

Anak bukanlah dewasa kecil. Penggunaan obat pada neonatus, bayi dan anak umumnya diberikan berdasarkan data efikasi, keamanan serta farmakologi yang diperoleh dari dewasa, lalu pada prakteknya dosis yang digunakan disesuaikan dengan berat badan atau area permukaan tubuh. Perhitungan dosis berdasarkan kedua hal tersebut tidak memperhitungkan perubahan pada tumbuh kembang anak yang mempengaruhi farmakokinetik atau sensitivitas organ pada obat.
Dosis yang sesuai pada terapi obat merupakan hal yang sangat penting. Dosis yang kurang menyebabkan tidak tercapainya efikasi, sedangkan dosis berlebih dapat menyebabkan efek samping obat.

Sangat penting bagi praktisi di bidang kesehatan untuk dapat menerapkan keputusan berbasis bukti dalam mengaplikasikan terapi obat pada populasi umum maupun khusus. Masalah seperti manfaat klinis, keamanan, harga, faktor genetik, penyakit penyerta, dan berbagai faktor lain perlu dipertimbangkan dalam terapi obat.

Terdapat perubahan fisiologis tertentu yang mempengaruhi farmakologi obat pada populasi pasien yang khusus, seperti anak, lanjut usia, ibu hamil, menyusui, etnis tertentu, kelainan fungsi hati dan ginjal. Buku seri populasi khusus ini menyajikan prinsip, panduan praktis, dan pertimbangan farmakologi untuk mendukung penggunaan obat yang tepat pada populasi khusus.

Seri pertama ini akan membahas berbagai prinsip perubahan prinsip farmakologi yang dibutuhkan untuk mempertimbangkan terapi pada pasien anak dan lanjut usia. Selain itu, dibahas pula efek samping obat yang spesifik pada populasi anak dan lanjut usia.
Buku ini ditujukan pada praktisi kesehatan serta mahasiswa rumpun ilmu kesehatan, yang ingin mempelajari secara khusus mengenai prinsip farmakologi dan terapi pada populasi khusus. Buku ini diharapkan dapat menjadi suplemen dari buku Farmakologi dan Terapi yang dikeluarkan oleh Departemen Farmakologi dan Terapeutik FKUI.

About the Author: admin

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *