Sel Punca dan Turunannya:Harapan Masa Depan Pengobatan Kerontokan dan Kebotakan Rambut

Segera Terbit

Sel Punca dan Turunannya:
Harapan Masa Depan Pengobatan Kerontokan dan Kebotakan Rambut

Penulis: Lili Legiawati
Editor: Githa; Rahmayunita; Eyleny Meisyah; Fitri

Kerontokan dan kebotakan rambut merupakan masalah yang sering ditemukan, baik pada anak sampai usia lanjut. Data rekam medis Rumah Sakit Umum Pusat Nasional dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta, Poliklinik Rawat Jalan Dermatologi dan Venereologi tahun 2021-2023, menunjukkan jumlah pasien sebanyak 54.630 orang dengan kunjungan pasien Dermatologi Kosmetik sebanyak
2.106 pasien (3,85%). Jika dibandingkan dengan jumlah kunjungan di Poliklinik Rawat Jalan Dermatologi Kosmetik, pasien dengan keluhan kerontokan dan kebotakan rambut sebanyak 254 pasien (12%), sedangkan kunjungan lainnya berupa kelainan pigmentasi, akne, jaringan parut, dan lain-lain.

Rambut merupakan adneksa kulit yang memiliki peranan penting, antara lain melindungi kulit kepala, wajah, dan leher dari radiasi ultra violet serta menurunkan panas sinar matahari melalui kulit kepala, sehingga dapat membantu mempertahankan suhu tubuh. Tidak dapat dipungkiri bahwa rambut memiliki dampak persepsi psikologis terhadap kecantikan dan kerupawanan seseorang.1 Walaupun tidak mengancam nyawa, kelainan kerontokan dan kebotakan rambut dapat mengganggu kualitas hidup penderitanya, antara lain rasa cemas, tidak percaya diri, menarik diri dari lingkungan sosial, dan depresi.

Kita pahami bersama bahwa masih banyak hambatan dan kendala dalam tata laksana berbagai penyakit atau kelainan di bidang dermatologi dan venereologi, khususnya kelainan kerontokan dan kebotakan rambut. Pilihan modalitas terapi yang tersedia sampai saat ini masih terbatas dan memiliki berbagai efek samping, sehingga menurunkan kepatuhan berobat pasien. Oleh karena itu terobosan baru pada tata laksana kerontokan dan kebotakan rambut menjadi suatu hal yang sangat penting.

Buku ini merupakan karya seorang dosen, pendidik, peneliti, dan klinisi dalam rangka dikukuhkannya penulis sebagai Guru Besar Tetap Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Bidang Dermatologi dan Venereologi.
Judul buku ini adalah “Sel Punca dan Turunannya: Harapan Masa Depan Pengobatan Kerontokan dan Kebotakan Rambut”. Penulis berharap para pembaca dapat memperoleh pengetahuan tentang penggunaan sel punca dan turunannya pada bidang dermatologi, khususnya untuk pengobatan kerontokan dan kebotakan rambut.

About the Author: admin

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *