Buku Ajar Metode Penelitian Stratejik Dan Global lanjutan Metode Penelitian Kuantitatif

Segera Terbit

Buku Ajar Metode Penelitian Stratejik Dan Globallanjutan Metode Penelitian Kuantitatif

Oleh :
Nama: Solikhah Yuliatiningtyas, Ph.D

Penelitian dan ilmu merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Penelitian merupakan alat bagi ilmu untuk dapat mengembangkannya. Dengan penelitian, kemajuan ilmu dapat terus ditingkatkan agar dapat
menjelaskan gejala-gejala, termasuk gejala-gejala fenomena proses komunikasi dalam bidang kajian ilmu-ilmu social. Ilmu terdiri dari sejumlah teori yang memberikan penjelasan atas gejala-gejala yang terjadi. Teori adalah pernyataan yang menunjukkan hubungan sebab – akibat antara dua variable atau lebih. Sedangkan ilmu atau “sains” adalah pengetahuan tentang fakta-fakta, baik natura atau social, yang berlaku umum dan sisitematis. Karena ilmu berlaku umum, maka darinya dapat disimpulkan pernyataan-pernyataan yang didasarkan pada beberapa kaidah umum pula. Ilmu tidak lain adalah dari suatu pengetahuan yang sudah terorganisir serta tersusun secara sistematis menurut kaidah umum.

Buku ini disusun untuk mendukung pembelajaran mahasiswa doktoral, khususnya di Sekolah Stratejik dan Global, , dalam menguasai metode penelitian yang relevan dengan isu-isu stratejik dan global saat ini. Adapun penulis dari buku ini adalah satu dari 3 pengajar sebagai tim teaching yang tertulis dalam BRP. Sesesuai dengan judulnya, buku ajar ini hanya akan berfokus pada metode penelitian kuantitatif saja,
sesuai dengan keahlian dan tugas pengajaran dari si penulis. Insyaallah rencana berikutnya saya akan menulis Buku Ajar ‘Metode PenelitianCampuran’ sebagai lanjutan dari buku ini.

Sesuai dengan BRP, buku ini akan membahas berbagai aspek penting dari penelitian kuantatif, termasuk konsep dasar, perumusan pertanyaan penelitian, pemilihan metode, pengumpulan data, analisis data, dan interpretasi hasil. Penulis akan membantu Anda memahami cara-cara mengukur hubungan antara variable-variabel, mengidentifikasi tren, dan mengambil keputusan berdasarkan temuan penelitian.

Buku ajar ini diharapkan dapat membantu para mahasiswa S3 untuk lebih mudah memahami dan mempersiapkan proses pembuatan disertasi dengan menggunakan berbagai kombinasi metode penelitian untuk memperkaya hasil penemuannya. Meskipun buku ini merupakan pengembangan dari buku ajar saya yang sudah terbit pada tahun 2010, dengan judul ‘Metode Penelitian Kuantitif: dilengkapi dengan analisa SPSS’, namun sudah di update dengan referensi-referensi dan hasil penelitian terbaru. Diharpakan bahwa buku ini akan membantu para mahasiswa doctoral SKSG khususnya, dalam perjalanan mahasiswa menuju meraih gelas doktoral, dan juga memberikan kontribusi berharga dalam memahami dan mengatasi tantangan strategis dan global yang sedang dihadapi oleh dunia saat ini.

About the Author: admin

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *