BUKU AJAR Mamografi Dasar

Segera Terbit

BUKU AJAR Mamografi Dasar

Penulis : Dr. dr. Sawitri Darmiati, SpRad(K)
Ilustrator : Jason Matthew, Reihana Zahra

Pemeriksaan mamografi merupakan pemeriksaan radiologis payudara yang rutin dikerjakan oleh radiografer yang terlatih. Peserta didik pada mata kuliah ini wajib menginterpretasi dan membuat expertise mamogram sesuai standar yang berlaku serta menerima konsultasi dari radiografer terkait proses pemeriksaan mamografi bila ada kendala di bawah supervisi DPJP.
Pemeriksaan ultrasonografi payudara merupakan pemeriksaan ultrasonografi yang rutin dilakukan untuk mengonfirmasi hasil mamogram dalam menilai lesi di payudara sesuai standar yang berlaku di bawah supervisi DPJP.

Kanker payudara masih menjadi permasalahan kesehatan yang signifikan di Indonesia dengan insidensi yang diprediksi terus meningkat, sehingga menyebabkan peningkatan morbiditas dan mortalitas. Upaya skrining dan diagnosis kanker payudara melalui pemeriksaan mamografi menjadi kunci dalam peningkatan deteksi dini dan penurunan angka mortalitas akibat kanker payudara. Oleh karena itu, sebagai seorang dokter, diperlukan keterampilan yang memadai dalam pelaksanaan dan interpretasi pemeriksaan mamografi.
Dengan pemahaman mendalam tentang pemeriksaan mammografi melalui buku ajar ini, diharapkan dapat membantu peserta didik untuk lebih memahami dan menguasai pemeriksaan mammografi.

Pemeriksaan mamografi saat ini sudah meluas dengan adanya program peningkatan jumlah mamografi di RS kabupaten untuk meningkatkan deteksi dini kasus kanker payudara. Saat ini di Indonesia 60-70% kanker payudara didapatkan pada stadium lanjut. Karena itu dibutuhkan peningkatan kemampuan dokter spesialis radiologi dalam melakukan selain supervisi radiografer pada pemeriksaan mamografi untuk memperoleh mamogram yang layak baca, juga meningkatkan kemampuan menganalisis mamogram sehingga mendapatkan akurasi diagnostik yang tinggi.

Buku ini diharapkan dapat menjadi sumber bacaan ilmiah untuk meningkatkan pemahaman dalam melaksanakan pemeriksaan mamografi dasar. Pasien dengan kanker payudara sering ditemukan tanpa gejala awal, sehingga mamografi berperan penting sebagai pencitraan lini pertama yang efektif untuk skrining kanker payudara. Mamografi juga berperan untuk menegakkan diagnosis secara radiologis terhadap kelainan/keganasan payudara lainnya. Oleh sebab itu penting untuk peserta didik, dokter, maupun dokter spesialis radiologi untuk memiliki keterampilan yang baik dalam mengidentifikasi hasil mammogram sehingga memberikan diagnosis yang akurat.

About the Author: admin

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *