Simulasi Dinamik Proses Kimia Menggunakan UniSim Edisi 1

Segera Terbit

Simulasi Dinamik Proses Kimia Menggunakan UniSim
Edisi 1

Penulis : Abdul Wahid

Penulis memiliki pengalaman lebih dari 20 tahun melakukan simulasi, baik dalam pengajaran maupun penelitian, sayang sekali kalau tidak ditulis dalam sebuah buku. Interaksi pertama dengan simulasi proses kimia terjadi saat menyusun skripsi di tahun 1994, yakni melakukan simulasi dinamik heat exchanger menggunakan perangkat lunak system dynamics yang bernama Dynamo (DYNAmic MOdels). Hal ini berlanjut saat mulai menjadi dosen di Jurusan Teknik Gas dan Petrokimia FTUI tahun 1996. Waktu itu diberi tanggung jawab membantu mahasiswa dalam menggunakan perangkat lunak simulator ChemCAD dan Hysys pada mata kuliah Perancangan Pabrik. Hanya saja, simulasi yang dilakukan hanya sebatas simulasi steady state dan hanya sekali pertemuan.

Karena pemahaman mahasiswa terkait penggunaan perangkat simulator proses dianggap kurang memadai dengan hanya sekali pertemuan, maka di tahun 2005 ditetapkanlah mata kuliah khusus simulasi dan bersifat wajib yang diberi nama Simulasi Proses Kimia (SPK). Perangkat lunak yang digunakan adalah UniSimĀ® Design.

Mata kuliah SPK ini dibagi menjadi dua bagian: simulasi steady state yang diajarkan sebelum Ujian Tengah Semester (UTS) dan simulasi dinamik yang diajarkan setelahnya. Penulis menjadi pengampu simulasi dinamik.

Sampai saat ini, referensi yang terkait simulasi dinamik menggunakan perangkat lunak simulator proses masih sangat sedikit. Oleh karena itu, dengan diterbitkannya buku Simulasi Dinamik Proses Kimia Menggunakan UniSim ini diharapkan dapat membantu mahasiswa (dan siapa saja), saat mempelajari simulasi dinamik menggunakan UniSim. Bahkan, diharapkan juga dapat membantu saat menggunakan perangkat lunak simulator proses lainnya, karena secara prinsip tidak jauh berbeda. Sebagai pelengkap, di setiap akhir bab dari buku ini, disertakan tautan video yang dikembangkan Penulis tahun 2020, yang isinya mirip dengan isi buku ini.

About the Author: admin

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *