Buku Penuntun Histopatologi Karsinoma Payudara

Segera Terbit

Buku Penuntun Histopatologi Karsinoma Payudara

Penyusun: Primariadewi Rustamadji

Payudara tersusun atas 12 sampai 20 lobulus kelenjar tubulo-alveolar yang masing-masing mempunyai saluran ke puting susu yang disebut duktus laktiferus. Setiap lobulus dan asinus terdiri dari dua lapis sel, yaitu selapis sel epitel kuboid dan selapis mioepitel yang mengelilingi lumen. Sel epitel kuboid mengarah ke lumen, sedangkan sel mioepitel terletak diantara sel epitel kuboid dan membran basalis.

Kanker payudara merupakan tumor ganas yang berasal dari sel-sel yang terdapat pada payudara. Payudara wanita terdiri dari lobulus, duktus, lemak, jaringan ikat, pembuluh darah dan limfe. Pada umumnya karsinoma payudara berasal dari sel-sel yang terdapat di duktus, beberapa diantaranya berasal dari lobulus dan jaringan lainnya.

Karsinoma payudara merupakan jenis kanker tersering pada wanita dan memiliki tingkat mortalitas yang tinggi. Sedangkan pada laki-laki, karsinoma invasif payudara hanya berjumlah sekitar 0.05% kasus.
Sekitar 50 % massa tumor terdapat pada kuadran lateral atas, 15% pada kuadran medial atas, 10 % pada kuadran lateral bawah dan 17 % pada region sentral ( 1 cm dari areola mamma) dan 3 % difus. Berdasarkan uraian diatas, buku ini dibuat dengan tujuan untuk membantu proses pembelajaran dalam mengidentifikasi tumor ganas epithelial pada payudara dibidang patologi anatomi.

Buku ini disusun sebagai penuntun untuk membantu mahasiswa kedokteran, sejawat dokter umum, residen dan patolog dalam memahami sediaan patologi anatomi dalam praktikum maupun dalam praktek sehari-hari. Buku ini mencakup materi patologi anatomi untuk organ khusus yakni payudara. Penulis menyajikan materi dengan kasus terbanyak dan tersering yang ditemui dalam sehari-hari. Materi yang disajikan diringkas dengan jelas dan diberi keterangan mengenai gambaran patologi anatominya untuk memudahkan pembelajaran.

About the Author: admin

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *