Buku Ajar Keterampilan Konseling

Segera Terbit

Buku Ajar Keterampilan Konseling

Penulis:
Dra. Ina Saraswati, M.Si, Psikolog
Adhityawarman Menaldi, M.Psi, Psikolog
Editor dan layout:
Farah Ainul Mardhiyyah
Avicenia Andita Putri

Konseling sebagai suatu aktivitas pemberian bantuan semakin dibutuhkan pada masa globalisasi dan perkembangan teknologi seperti sekarang ini karena permasalahan dan tantangan yang dihadapi setiap individu semakin kompleks. Selain itu, perkembangan peraturan pendidikan ilmu psikologi di Indonesia yang memberi kesempatan kepada mahasiswa jenjang pendidikan sarjana strata satu untuk lulus menjadi psikolog umum turut mendorong pentingnya buku ajar ini diterbitkan. Buku ajar ini menjelaskan pengetahuan dasar yang penting untuk memahami konseling dan menjelaskan pula keterampilan-keterampilan konseling yang dibutuhkan dalam interaksi komunikasi antara konselor dan konseli, pemaparan penjelasan keterampilan secara spesifik disertai petunjuk praktis bagaimana keterampilan tersebut dilakukan akan memudahkan pembaca dalam menerapkan keterampilan konseling ini.

Buku ajar keterampilan konseling ini ditujukan dan digunakan untuk mahasiswa psikologi terutama yang mengikuti program pendidikan profesi psikolog. Buku ini merupakan pengembangan dari buku Diktat Psikologi Konseling dan buku Dasar-Dasar Konseling yang disusun oleh Prof. Dr. Jeanette Murad Lesmana. Pembaharuan dari buku sebelumnya terutama dalam penjelasan keterampilan-keterampilan konseling secara spesifik dengan harapan menjadi panduan yang lebih praktis . Walaupun demikian mahasiswa yang menggunakan buku ajar ini tetap harus memperkuat ilmu pengetahuannya tentang Konseling dengan membaca literatur lainnya.

Buku ajar Keterampilan Konseling ini amat sangat bermanfaat bagi mahasiswa karena memberikan pembekalan baik secara kognitif maupun menyasar afektif dan psikomotor melalui pembahasan teori dan praktik berupa latihan menyusun pertanyaan, misalnya. Demikian juga latihan mengidentifikasi hambatan dalam melakukan konfrontasi merupakan upaya dalam mengkompilasi pemahaman kognitif dan penyertaan refleksi konkrit mahasiswa dalam topik konfrontasi terhadap klien yang resisten. Dengan adanya latihan merupakan media bagi mahasiswa untuk mengimplementasikan pemahamannya terhadap studi kasus mikro. Belum lagi pembahasan tentang counseling mind yang sangat jelas merupakan bekal pondasi utama sebagai calon psikolog.

About the Author: admin

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *