Pengetahuan Teknis Dan Desain Praktis Girder Untuk Jembatan

Segera Terbit

Pengetahuan Teknis Dan Desain Praktis Girder Untuk Jembatan

Tim Penyusun Adhi Beton:

  • A. Akbar Hawardi S.
  • Panji Ginaya Taufik
  • Aldian Nurdiansyah

Popularitas penggunaan beton pracetak di Indonesia meningkat dengan cepat, khususnya di sektor-sektor konstruksi, hal ini bisa dilihat dari prediksi pertumbuhan pangsa pasar pracetak dengan CAGR 14.2% adalah yang tertinggi di dunia berdasarkan data riset market value industri precast Global. Pesatnya pertumbuhan sektor konstruksi beton pracetak di Indonesia tidak lepas dari program percepatan pembangunan yang dicanangkan oleh pemerintah yang berfokus pada pembangunan infrastruktur di seluruh Indonesia. Percepatan pembangunan infrastruktur akan memberi daya dorong bagi perekonomian nasional. Salah satu porsi terbesar di infrastruktur adalah sektor transportasi jalan tol dan juga modernisasi transportasi massal kereta cepat dan moda raya terpadu seperti jalur antar proponsi dan dalam kota. Hal ini berdampak pada tingginya permintaan akan beton pracetak pada produk infrastruktur seperti girder, spun pile, sheet pile, median barrier, pier head dan masih banyak lagi.

Dengan sektor infrastruktur transportasi jalan dan kereta api menjadi pangsa pasar precast terbesar di Indonesia saat ini, dapat dikatakan kebutuhan akan adanya gelagar (girder) pada struktur atas suatu jembatan baik untuk beban lalu lintas kendaraan atau kereta sangat tinggi khususnya pada struktur layang (elevated). Sehingga di edisi buku kali ini menyampaikan pengetahuan dan teknis pelaksanaan beton pracetak girder dan perancangan struktur (desain) salah satu tipe girder dalam suatu jembatan.

Untuk mengetahui perkembangan teknologi beton pracetak saat ini dan di masa depan, buku ini juga akan membahas sejarah saat pertama kali teknologi beton pracetak dan prategang ditemukan serta proses dalam produksi produk beton pracetak mulai dari persiapan sampai dengan produk tersebut terpasang dalam perletakan pada suatu struktur jembatan, dengan mengetahui itu semua akan membantu kita memahami perkembangan teknologi beton pracetak saat ini khususnya girder.

Namun perlu diketahui bahwa industri pracetak tidak hanya di sektor infrastruktur tapi telah melayani hampir semua sektor konstruksi, ada banyak sekali jenis produk pracetak didunia saat ini, setiap produk memiliki keunikan dan keunggulan tersendiri. Hal ini dapat dilihat prosentase pangsa pasar akan produk beton pracetak pondasi dan dinding penahan tanah yang cukup besar mencapai 60%, sehingga dalam kesempatan yang akan datang akan dibahas edisi tipe produk beton pracetak tersebut.

About the Author: admin

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *