Buku Saku Integritas Akademik Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia

Segera Terbit

Buku Saku Integritas Akademik Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia

Editor:
Prof. Dr. Miesje Karmiati Purwanegara, drg., SU, Sp.Ort, Sub Sp.DDTK(K) Prof.Dr.M.F.Lindawati S Kusdhany, drg., Sp Pros, Subsp.PKIKG (K) Prof. Dr. Ellyza Herda, drg., M.Si.

 

Perguruan tinggi sebagai suatu wadah berkumpulnya komunitas yang berkegiatan belajar mengajar, berkewajiban menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Adanya berbagai kegiatan pendidikan, menimbulkan interaksi di antara anggota komunitasnya. Untuk memahami interaksi dan berbagai kegiatan serta fenomena kampus terlebih dahulu akan dikemukakan beberapa pengertian yang berkaitan dengan Integritas Akademik dan Civitas Akademika.

Apakah itu Civitas Akademik? Komunitas dalam Perguruan Tinggi yang disebut sebagai Civitas Akademika yang merupakan Anggota komunitas Perguruan Tinggi yang terdiri dari dosen, mahasiswa, dan semua badan kepengurusan. Integritas akademik adalah prinsip-prinsip moral yang diterapkan dalam lingkungan akademik, terutama yang terkait dengan kebenaran, keadilan, kejujuran.
Fakultas Kedokteran Gigi merupakan salah satu fakultas di Universitas Indonesia (UI) yang berfungsi sebagai wadah dan lumbung ilmu pengetahuan kedokteran gigi, keteladanan, dan kekuatan integritas moral sivitas akademika sebagai tonggak masyarakat.

Universitas Indonesia memiliki 9 nilai dasar yang harus dijunjung tinggi oleh para sivitas-nya. “Semua sivitas akademika FKG UI bertanggung jawab menerapkan 9 nilai dasar UI dalam berperilaku, dengan menunjukkan pemahaman terhadap aturan akademik, serta pelanggaran integritas akademik sehingga terwujud zero tolerance”. Nilai-nilai tersebut harus diamalkan oleh seluruh sivitas akademika FKG UI, demi terwujudnya visi dan misi FKG UI.

Buku saku ini ditulis oleh 11 guru besar Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia yang memiliki pengalaman dan keahlian di bidangnya masing-masing. Buku saku ini berisi panduan dan pedoman bagi mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan, dan karyawan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia dalam menjaga integritas akademik. Integritas akademik di dalam dunia pendidikan, sangat penting untuk menjaga kualitas dan kepercayaan terhadap institusi pendidikan.

About the Author: admin

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *