Percikan Pemikiran Makara Merah Dari FHUI Untuk Indonesia

Segera Terbit

Percikan Pemikiran Makara Merah Dari FHUI Untuk Indonesia

EDITOR
Heru Susetyo, SH., LL.M., M.Si., M.Ag., Ph.D. Dr. Mutiara Hikmah, S.H., M.H.
Tiurma M. P. Allagan, S.H., M.H., M.Kn., Ph.D. Rizky Banyualam Permana, S.H., LL.M.

Fakultas Hukum Universitas Indonesia dapat berkontribusi kembali dalam pengembangan keilmuan melalui buku Percikan Pemikiran Makara Merah edisi ke-6. Buku ini merupakan seri terbitan yang bertujuan untuk menyebarkan ilmu yang diperoleh dari Kampus Fakultas Hukum Universitas Indonesia tercinta dan ditempa berdasarkan pengalaman nyata sivitas akademika. Terbitan Percikan Makara Merah ini sengaja tidak mengambil tema khusus untuk mengakomodasi keilmuan hukum yang seluas-luasnya. Hal ini karena tidak dipungkiri hukum akan menyentuh segala aspek kehidupan berbangsa, bernegara dan masyarakat.
Kumpulan tulisan di Edisi ke-6 ini di sumbang dari pemikiran di bidang hukum perdata, hukum pidana, hukum acara, hukum kesehatan, hukum islam, hukum tata negara, hukum administrasi negara, hukum internasional bahkan hingga tulisan tentang filsafat dan aspek dasar-dasar ilmu hukum. Isu yang dimuat adakan isu yang aktual dan riil hingga isu yang bersifat persoalan hukum mendasar. Buku ini adalah bentuk ikhtiar sivitas akademika Fakultas Hukum Universitas Indonesia yang berusaha memberikan sumbangsih bagi negara sejak institusi ini berdiri sebagai Rechthogeschool pada tahun 1924. Semoga percikan makara merah ini senantiasa menginispirasi pengembangan keilmuan hukum di Indonesia sehingga nantinya dapat berkontribusi pada reformasi hukum di era Indonesia Emas 2045.

Buku Percikan Pemikiran Makara Merah: Dari FHUI untuk Indonesia, edisi 6 tahun 2023 akhirnya dapat diterbitkan oleh Badan Penerbit FHUI persis pada Dies Natalis FHUI ke 99, 28 Oktober 2023. Buku ini adalah kumpulan tulisan civitas akademika FHUI, apakah dosen, alumni, maupun mahasiswa baik S1, S2 maupun S3. Buku ini dimaksudkan sebagai wadah ekspresi pemikiran dan gagasan para makara merah, alias para alumni, pengajar dan pembelajar FHUI, bagi pembangunan hukum Indonesia.

Topik yang disajikan dalam tulisan ini amat beragam, sesuai dengan keahlian dan bidang pengkajian masing-masing penulis. Namun demikian, seluruh tulisan memiliki maksud dan tujuan yang sama, yaitu untuk turut mengembangkan dan berkontribusi terhadap pembangunan hukum di Indonesia.
Oleh karena pembangunan hukum Indonesia memakan waktu panjang dan memerlukan kontribusi bangsa yang maha serius juga, maka penerbitan buku bunga rampai Percikan Pemikiran Makara Merah ini memang tidak untuk tahun 2023 ini saja. Buku ini akan terbit setiap tahunnya secara rutin, insya Allah selalu bersamaan dengan peringatan dies natalis FH-UI.

About the Author: admin

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *