Kumpulan Studi Kasus Bisnis dan Manajemen Edisi Kedua

Segera Terbit

Kumpulan Studi Kasus Bisnis dan Manajemen Edisi Kedua

Tim penulis studi kasus FEB UI
Editor: Tim CELEB FEB UI

Buku studi kasus Edisi kedua ini dapat diselesaikan. Buku studi kasus ini disusun oleh para dosen di tiga departemen di FEB UI, yaitu Departemen Akuntansi, Departemen Ilmu Ekonomi dan Departemen Manajemen. Penerbitan buku studi kasus ini merupakan lanjutan dari program yang sama di tahun 2022, dengan tujuan untuk menigkatkan jumlah studi kasus dengan konteks Perusahaan/organisasi di Indonesia, sehingga meningkatkan relevansi antara teori yang dipelajari di kelas dengan aplikasinya di industri.


Metode pembelajaran dengan studi kasus sangat umum digunakan di sekolah bisnis di seluruh dunia. Metode ini memungkinkan para mahasiswa untuk menarik pelajaran dari masalah-masalah riil yang dihadapi oleh perusahaan-perusahaan di Indonesia. Buku studi kasus volume kedua ini memuat delapan buah kasus yang dapat digunakan untuk pembelajaran pada jenjang sarjana dan magister, yang membahas topik-topik yang beragam, seperti manajemen perubahan, kewirausahaan, manajemen pemasaran, manajemen rantai pasok, ekonomi kesehatan, hubungan industrial, dan manajemen stratejik, dengan konteks industri yang beragam pula, mulai dari koperasi syariah, olahan pangan (kelapa, lidah buaya dan daging), pendidikan, alat kesehatan, modest fashion, hingga industri penerbangan.

Beragam kasus ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa akan permasalahan yang dihadapi berbagai organisasi tersebut dan membangkitkan solusi studi kasus yang kreatif dan inovatif.

Penerbitan studi kasus ini merupakan bagian dari usaha FEB UI untuk secara berkesinambungan mencetak inclusive, relevant & reputable leaders. Penerbitan buku studi kasus ini diharapkan juga dapat meningkatkan engagement dengan industri, memberikan solusi yang inovatif, serta berdampak signifikan baik bagi industri ataupun bagi pendidikan ekonomi dan bisnis di Indonesia, yang juga merupakan requirement dari berbagai akreditasi internasional yang telah dimiliki oleh FEB UI, yaitu Association to Advance Collegiate School of Business (AACSB), Association of MBAs (AMBA), dan The Alliance of Business Education and Scholarship for Tomorrow, a 21st century organization (ABEST21).

About the Author: admin

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *