Konsep Dasar Dan Faktor Risiko Adiksi Perilaku (Adiksi Internet)

Segera Terbit

Konsep Dasar Dan Faktor Risiko Adiksi Perilaku (Adiksi Internet)

Penulis : Dr. dr. Kristiana Siste, Sp. KJ, Subsp. Ad. (K)

Adiksi merupakan konsep yang menarik untuk didiskusikan sepanjang zaman. Penemuan arkeologi menunjukkan bahwa penggunaan zat untuk berbagai tujuan (e.g., rekreasional, kultural) sudah ada sejak ribuan tahun lalu. Sejarah menunjukkan bahwa kematian Aleksander Agung yang misterius pada tahun 323 SM memiliki keterkaitan dengan kebiasaan minum alkohol. Kebiasaan ini pun menarik berbagai orang, seperti Aristotle dan Celsus. Namun, ilmu medis adiksi baru lahir sekitar abad 16-17, ketika para kaum Calvinist berupaya menjelaskan perilaku minum alkohol yang kompulsif. Diperlukan setidaknya 19 abad hingga ilmu mengenai adiksi zat—terutama alkohol—dapat menemui titik terang

Buku ini disusun sebagai bentuk komitmen FKUI untuk terus berkontribusi demi ilmu pengetahuan salah satunya dalam bidang Psikiatri khususnya mengenai adiksi perilaku. Prevalensi adiksi perilaku secara umum terus meningkat secara global. Sebagai seorang dokter kita harus mampu memberikan pemahaman yang baik dan komprehensif tentang adiksi perilaku. Buku ini juga dilengkapi tentang patofisiologi dan juga faktor yang memengaruhi adiksi perilaku. Perbandingan serta kesamaan konsep dengan adiksi zat juga dibahas pada buku ini. Tidak lupa, buku ini membahas mengenai kriteria diagnosis terutama untuk adiksi game dan judi. Ilustrasi kasus yang menarik juga tersedia dan diharapkan membantu pembaca untuk memahami konsep dari adiksi perilaku lebih baik lagi.

Adiksi perilaku merupakan bentuk adiksi yang hangat diperbincangkan karena jumlah kasus yang terus meningkat di masyarakat. Risiko adiksi perilaku pada masyarakat lebih tinggi terutama pada populasi remaja dan dewasa muda karena berbagai faktor yang melibatkan akses terhadap internet, faktor individu dan lingkungan. Akan tetapi, sayangnya pengetahuan tentang faktor risiko, deteksi dini, diagnosis serta intervensi mengenai adiksi perilaku masih belum memadai bahkan di kalangan profesional kesehatan. Selain itu, terdapat pula berbagai perdebatan akan konsep adiksi perilaku dan persamaannya dengan adiksi zat. Pada tahun 2021, WHO akhirnya mengeluarkan ICD-11 dan memasukkan baik gaming maupun gambling disorder dalam bab Disorder due to Substance or Addictive Behavior setelah perjalanan diskusi yang panjang.

Dengan dasar tersebut, setiap klinisi perlu dipersiapkan dengan pengetahuan yang komprehensif dan ringkas sebagai bentuk antisipasi ketika berhadapan dengan kondisi yang semakin marak ini. Harapannya, buku saku ini dapat membantu bagi setiap klinisi, pengajar, konselor, dan siapapun yang berhadapan dengan adiksi perilaku untuk lebih lagi memahami adiksi perilaku. Tentunya buku ini tidak menawarkan pengetahuan yang lengkap, tetapi setidaknya, buku ini dapat membuka mata setiap pembaca untuk semakin lagi mendalami mengenai adiksi perilaku.

Oleh karena itu, Divisi Psikiatri Adiksi Departemen Medik Kesehatan Jiwa FKUI-RSCM menerbitkan buku ini untuk membahas secara dalam mengenai konsep dan faktor risiko dari adiksi perilaku (gaming dan gambling disorder) dengan tujuan untuk memberikan pemahaman yang rinci mengenai gangguan adiksi perilaku secara konsep sehingga tenaga kesehatan dan professional lainnya dapat mengenali kasus gangguan adiksi perilaku dan menelusuri faktor risiko yang ada sebagai bahan dasar untuk dilakukan intervensi selanjutnya.

About the Author: admin

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *