Membentuk Generasi Unggul : Pencegahan Perilaku Buruk melalui Pendidikan Moral Sejak Dini

Segera Terbit

Membentuk Generasi Unggul : Pencegahan Perilaku Buruk melalui Pendidikan Moral Sejak Dini

Penulis : Rose Mini Agoes Salim

Bila kita melihat bahwa banyak sekali orang yang mempertanyakan apakah saat ini kita sedang mengalami “Krisis Moral ?” pertanyaan ini timbul karena semakin banyak berita-berita yang populer (viral) mengenai tingkah laku buruk yang dilakukan oleh banyak orang dari semua tingkatan usia.
Apa yang sebenarnya terjadi, apakah ini akibat dari kemajuan teknologi, atau saat ini semua orang dapat melakukan sesuatu sesuai kehendaknya. Melihat kejadian dari perilaku buruk tersebut, yang berdampak pada masyarakat karena dapat dicontoh dan menjadi pembahasan yang negatif, maka saat ini baru dirasakan bahwa semua orang harus meningkatkan moral agar dapat berperilaku lebih baik.
Masalah yang dihadapi selanjutnya adalah bagaimana cara meningkatkan moral seseorang, karena moral tidak dapat ditingkatkan pada seorang anak kalau tidak ada stimulasi yang tepat, dalam pidato pengukuhan ini saya menghimbau untuk menstimulasi anak sejak usia dini dengan cara yang tepat.

Bila saat ini melihat kehidupan di masyarakat, maka banyak sekali kejadian-kejadian yang tidak baik terjadi di masyarakat. Banyak orang mengatakan bahwa Indonesia mengalami krisis moral dan harus segera ditingkatkan. Banyak contoh dari perbuatan buruk yang sering menjadi viral akhir-akhir ini.

Beberapa fenomena menunjukkan berbagai perilaku buruk yang terjadi di masyarakat. Perilaku tersebut bahkan terjadi di berbagai jenjang usia, mulai dari anak hingga orang dewasa. Hal ini menunjukkan bahwa tidak hanya anak-anak saja yang dapat berperilaku negatif, bahkan remaja hingga dewasa pun dapat melakukannya. Mengapa demikian? Kondisi ini tentunya bukan dikarenakan Tuhan YME telah menciptakan manusia yang melakukan perilaku negatif tersebut, tidak bermoral (amoral). Tidak ada manusia yang lahir amoral, namun setiap manusia memiliki moral dengan porsi yang berbeda-beda.

Dengan demikian, maka dapat disimpulkan bahwa penyebab utama dari berbagai perilaku buruk yang dilakukan orang-orang dalam berbagai berita di atas ialah karena kemampuan moral yang kurang terstimulasi. Bila masyarakat dan pemerintah meminta kita untuk meningkatkan moral, harusnya dipikirkan caranya. Bila berbicara tentang moral, maka kita bicara tentang sesuatu yang abstrak. Perlu untuk lebih konkrit dalam mestimulasi moral, terutama untuk anak usia dini.

About the Author: admin

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *