OSTEOARTRITIS DAN TOTAL KNEE ARTHROPLASTY Dengan Pendekatan Teori Keperawatan

Segera Terbit

OSTEOARTRITIS DAN TOTAL KNEE ARTHROPLASTY Dengan Pendekatan Teori Keperawatan

Penulis : Ns. Aprillia Veranita, S.Kep.,M.Kep.,Sp.Kep,M.B

Penulisan buku ini bertujuan untuk membantu para mahasiswa di dalam memahami Penyakit Osteoartritis dan tindakan Total Knee Arthroplasty pada Osteoartritis. Buku ini juga akan memberikan informasi secara rinci mengenai pengertian, epidemiologi, etiologi, manifestasi klinik, proses penyembuhan dan cara melakukan ambulasi pre operasi dan post operasi.

Dengan lebih dari 200 tulang di tubuh manusia, merupakan spesialisasi yang banyak dipelajari. Semua gangguan berikut ini termasuk dalam ortopedi, seperti: sendi terkilir, sakit pinggang atau punggung, arthritis (yang menimpa setengah dari manula berusia 65 tahun ke atas). Akut, kronis, atau degeneratif (Blom, W. A. 2021; PennMedicine. 2019).
Kasus ortopedi dibedakan menjadi dua faktor, yaitu faktor yang disebabkan karena penyakit dan faktor trauma. Faktor penyakit seperti: artritis, osteoartritis, nyeri punggung bawah, gangguan jaringan lunak, gangguan diskus servikal dan intravertebral, miopati dan rematisme. Sedangkan faktor trauma akibat kecelakaan, jatuh dan atau cidera antara lain adalah fraktur tengkorak dan tulang muka, fraktur leher, toraks, panggul, fraktur paha, fraktur tulang anggota gerak dan fraktur atau cedera pada bagian tubuh lainnya (Lewis, L. S. , 2014).


Kasus-kasus ortopedi yang sering dijumpai di lapangan seperti upper extrimity problem maupun lower extrimity problem. Jenis penyakit yang dapat dijumpai seperti: Arthritis: osteoarthritis, osteoporosis, osteomielitis, osteosarcoma, rematoid arthritis. Back pain, fractur, finger and hand. Kasus scoliosis, spondilitis: spondylolistesis. Spinal cord injury (SCI) : cervical, toracal lumbal dan kasus Post operative : Lower Extrimity Surgey, Spine Surgey, Total Knee Arthroplasty, ORIF, OREF, Removal Surgey.

Buku ini membahas tentang Osteoartritis yang dilakukan penggantian sendi pada lutut. Sendi lutut dapat mengalami kerusakan akibat cedera atau peradangan (artritis). Hal ini bisa mengganggu penderitanya dalam melakukan aktivitas yang mengandalkan lutut. Sendi lutut yang cedera bisa menyebabkan berbagai keluhan nyeri, terutama ketika berjalan, menaiki tangga, duduk, atau saat berbaring. Operasi penggantian lutut atau Total Knee Arthroplasty (TKA) adalah prosedur medis yang dilakukan dengan cara mengganti sendi lutut yang sudah rusak dengan sendi buatan (prostetik). Tujuannya adalah untuk menghilangkan nyeri dan mengembalikan fungsi sendi lutut. Dengan begitu, pasien dapat kembali beraktivitas seperti biasa. Terdapat beberapa metode untuk mempercepat pemulihan salah satunya adalah melakukan ambulasi dini. Ambulasi dapat dimulai sedini mungkin setelah pembedahan atau hari pertama paska operasi.

Materi yang akan dibahas dalam buku ini meliputi: Bab 1 Anatomi Lutut
Bab 2 Konsep Osteoartritis
Bab 3 Diagnosa Keperawatan
Bab 4 Teori Model Virginia Henderson’s
Bab 5 Total Knee Arthroplasty

About the Author: admin

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *