Penyakit Penyerta Pada Stroke, Pendekatan Klinis Dan Tatalaksana Secara Komprehensif

Segera Terbit

Penyakit Penyerta Pada Stroke, Pendekatan Klinis Dan Tatalaksana Secara Komprehensif

Editor:
Dr. dr. Al Rasyid, Sp.S (K)
Prof. Dr. dr. Salim Haris, Sp.S (K) FICA

Materi yang ditulis mengungkapkan tentang berbagai aspek penyakit penyerta pada stroke, mulai dari etiologi, manifestasi klinis, hingga pendekatan terbaik dalam tatalaksana komprehensif. Semua informasi tersebut disusun berdasarkan penelitian terkini dan pengalaman klinis yang telah diperoleh oleh para ahli di bidang neurologi.

Hingga saat ini stroke masih menjadi penyebab tertinggi kedua penyebab kematian secara global setelah penyakit jantung iskemik. Secara global, mortality rate dapat mencapai 5.5 juta per tahun, dengan angka morbiditas pada survivor dapat mencapai 50% dari seluruh kejadian, hal tersebut didukung dengan stroke yang menjadi peringkat ke 3 dari disability-adjusted life-years lost (DALYs).


Di Indonesia, data Riset Kesehatan Das ar tahun 2018 menunjukan prevalensi stroke yang terdiagnosis dokter sebesar 10.9% per 1000 penduduk usia 15 tahun keatas. Data Riset Kesehatan Dasar tahun 2018 juga menunjukan stroke menjadi penyebab ketergantungan yang paling tinggi dinilai dengan barthel index of activities of daily living dari penyakit kronis lain seperti jantung, diabetes, penyakit sendi, dll.
Data tersebut mendukung bahwa stroke menyebabkan morbiditas berupa terganggunya kualitas hidup pasien serta menyebabkan mortalias yang disebabkan oleh penyakit stroke itu sendiri secara primer, maupun sekunder dari penyakit penyerta pada pasien stroke. Penyakit penyerta pada stroke diperkirakan terjadi berkisar 48% – 96% dan berhubungan dengan perburukan luaran yang bermakna. Penyakit penyerta pada stroke yang sering terjadi adalah infeksi traktus urinarus, pneumonia, deep vein thrombosis (DVT), dan sepsis.


Pedoman Nasional Pelayanan Kedokteran (PNPK) stroke kemenkes republik Indonesia (KEMKES RI) memberikan rekomendasi penanganan penyakit penyerta pada stroke perlu mendapat perhatian serius dari dokter dan paramedic yang merawat pasien.
Dengan latar belakang tersebut, buku ini dirancang untuk memberikan panduan secara komprehensif mulai dari pendekatan klinis hingga tatalaksana penyakit penyerta pada stroke dengan harapan diharapkan dapat menjadi acuan para tenaga medis, non medis, maupun semua pihak yang berkepentingan dalam meningkatkan kualitas hidup pasien stroke dengan penyakit penyertanya.

About the Author: admin

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *