Buku Pedoman Residensi

Segera Terbit

Buku Pedoman Residensi

Penulis : Dr. drg. Masyitoh Basabih, MARS.; Dr. Ede Surya Darmawan, SKM,MDM. ;dr. Adang Bachtiar, MPH, DSc

Lulusan Program Studi Magister Kajian Administrasi Rumah Sakit dihadapi oleh tantangan masa depan yang semakin kritis terhadap administrasi rumah sakit karena Kementerian Kesehatan berpotensi melakukan transformasi kesehatan di industri rumah sakit akibat dari fenomena globalisasi. Residensi adalah salah satu mata kuliah wajib dalam Program Studi Kajian Administrasi Rumah Sakit yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan manajerial mahasiswa dalam keadaan yang nyata.

Mahasiswa terlibat langsung dalam masalah manajemen sehari-hari, mencari hubungan antara teori yang diperoleh di fakultas dengan kenyataan (implementasi) di lapangan, sekaligus terlibat dalam pemecahan masalah, sehingga setelah menyelesaikan pendidikan akan lebih siap menghadapi tugas pekerjaan. Kegiatan Residensi penting dalam memperkaya wawasan tentang bidang pekerjaan yang sesungguhnya, memberikan kesempatan untuk berinteraksi dan mengembangkan jejaring. Mata kuliah Residensi dilaksanakan di rumah sakit terpilih dalam kurun waktu yang telah ditetapkan untuk memenuhi kompetensi mata kuliah. Mata Kuliah Residensi dilaksanakan dengan bimbingan dari dosen pembimbing Mata Kuliah Residensi dan pembimbing lapangan.


Pedoman ini disusun agar mahasiswa mempunyai acuan sehingga dapat mengikuti Mata Kuliah Residensi dengan baik, sekaligus memudahkan pembimbing lapangan dalam memberikan bimbingan di lapangan. Manfaat Mata Kuliah Residensi diharapkan akan dapat dipetik oleh mahasiswa dan Rumah Sakit serta program studi KARS secara optimal. Dengan menyelesaikan program Mata Kuliah Residensi ini, diharapkan peserta sudah siap menjadi manajer yang handal, yang dapat mengelola Rumah Sakit dengan baik serta mewujudkan Rumah Sakit yang berkualitas.

Buku modul ini merupakan hasil kolaborasi dan dedikasi para akademisi, praktisi, serta mahasiswa Program Studi Kajian Administrasi Rumah Sakit, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia. Perkembangan dalam bidang kesehatan menuntut adanya pemahaman yang mendalam tentang manajemen dan administrasi rumah sakit guna menghadapi tantangan-tantangan kompleks dalam penyelenggaraan pelayanan kesehatan. Oleh karena itu, modul ini dirancang secara komprehensif untuk memberikan panduan praktis yang akan membantu para mahasiswa dalam mengembangkan kemampuan analitis, kreatif, dan solutif dalam melaksanakan residensi di rumah sakit. Pada setiap akhir Mata Kuliah Residensi, terdapat evaluasi terhadap proses pembelajaran yang sudah dilakukan. Hasil dari evaluasi ini akan menjadi bahan pemutakhiran buku panduan residensi agar menjadi pedoman yang relevan sesuai dengan perkembangan ilmu.

About the Author: admin

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *