Buku AjarRumah Sehat untuk Semua

Segera Terbit

Buku Ajar Rumah Sehat untuk Semua

Peulis : Dr. dr. Nina Kemala Sari, SpPD-KGer, MPH dr. Rizky Dini Fitriyasa
Dr. Firmansyah, ST, MT, IALI, IAI

Kondisi rumah memiliki implikasi besar bagi kesehatan masyarakat. Rendahnya tingkat kesehatan di lingkungan pemukiman disebabkan tingginya pertumbuhan penduduk yang disertai dengan tidak tersedianya perumahan yang layak, pembangunan permukiman yang tidak terencana, dan tidak memperhatikan aspek kesehatan dalam pembangunan.

Rumah yang sehat dapat menghindarkan individu dan keluarga dari ancaman sejumlah penyakit dan meningkatkan kualitas hidup. Untuk menciptakan rumah sehat, terdaoat beberapa hal yang perlu diperhatikan, antara lain: memperhatikan kualitas udara, air, cahaya, kepadatan hunian, pengelolaan limbahdan suara (tingkat kebisingan); lokasinya aman; terbebas dari vektor penular penyakit; dan memiliki ruang terbuka hijau. Selain itu, rumah yang sehat juga akan mendorong individu dan keluarga untuk senantiasa berperilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Confusius pernah mengatakan bahwa kekuatan suatu bangsa berawal dari integritas rumah. Bangsa yang kuat adalah bangsa yang sehat sejahtera lahir batin dan produktif. Kualitas rumah memiliki implikasi besar terhadap kesehatan. Rumah sehat merupakan konsep dimana rumah dapat mendukung kesehatan fisik dan mental seseorang. Untuk membuat sebuah rumah sehat, dibutuhkan kriteria struktur yang baik yang akan mempengaruhi fungsi rumah.


Buku ajar ini membahas bagaimana rumah sehat dibuat dengan memperhatikan panduan rumah sehat dari WHO dan juga panduan rumah sehat yang telah dibuat di Indonesia. WHO sendiri membahas kriteria rumah sehat berdasarkan bukti ilmiah dalam hal kepadatan hunian, suhu ruangan, bahaya, potensi cedera, dan aksesibilitas. Selain itu, dibahas pula elemen kunci lain dari pemukiman itu sendiri misalnya air, kualitas udara dalam ruangan, asap tembakau, asbes, timbal, dan radon. Selain membahas rumah sehat dengan pendekatan kondisi rumah, dibutuhkan pula pendekatan rumah sehat berdasarkan masalah – masalah kesehatan yang menjadi perhatian di Indonesia dan dunia, seperti COVID-19, infeksi tuberkulosis, kecacingan, penyakit kronik, bencana alam, dan rumah ramah lansia.


Buku ini diharapkan dapat menjadi acuan pemangku kebijakan, pelaksana pembangunan, sekolah dan kampus, serta anak – anak muda yang akan memegang andil dalam membuat kebijakan, peraturan, keputusan, dan menjalankan segala aspek mulai dari pembangunan dan perawatan pemukiman agar menjadi pendukung kesehatan masyarakat.

About the Author: admin

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *