Dinamika Kebijakan LingkunganGlobal dalam Perspektif Lokal

Segera Terbit

Dinamika Kebijakan Lingkungan Global dalam Perspektif Lokal

Editor :

Raldi Hendro Koestoer
Retno Setiowati

Buku ini menghantarkan pada beberapa tujuan. Pertama, menyediakan sumber referensi yang terstruktur tetang Dinamika Regulasi Lingkungan Global dalam Perspektif Bandingan Lokal; kedua, mendukung proses pembelajaran dalam memahami konsep, teori, dan praktik terkait penataan ruang dan kebijakan lingkungan; ketiga, mendorong pemahaman tentang dinamika kebijakan global dalam konteks lokal, dan, terakhir, memberikan landasan pengetahuan tentang isu-isu regulasi lingkungan terkini. Selanjutnya, metoda penjabarannya mengacu pada konsep dasar berbagai aspek kebijakan lingkungan

global yang relevan dengan penataan ruang. Dalam kaitan itu, dijabarkan analisis hubungan antara kebijakan lingkungan global dan implementasinya dalam perspektif lokal.
Buku ini menawarkan kompilasi berbagai kebijakan lingkungan di beberapa negara di Asia, Eropa, Amerika, Amerika Tengah dan Indonesia. Secara harfiah, dinamika kebijakan lingkungan hidup di hamparan wilayah permukaan bumi, mengikuti pola pertimbangan kebijakan yang berlangsung di wilayah negara yang bersangkutan. Orientasi kebijakan dalam kasus bahasan lingkungan dalam buku ini dikaitkan dengan teori-teori yang melandasinya.
Ulasan Dinamika Regulasi Lingkungan Global dalam perspektif bandingan Lokal, merujuk pada berbagai konsep, teori, dan penerapan terkait penataan ruang dan kebijakan lingkungan. Masing-masing pembahasan dilengkapi dengan kurasi pembelajaran yang dihantarkan melalui tanya-jawab, telaahan secara mudah mengupas pemahaman tentang dinamika kebijakan publik global dalam konteks lokal, dan metoda ini membuka jangkauan ‘pandang ruang’ terhadap perkembangan issue terkini di berbagai negara.
Bertolak dari bahasan tersebut, diskusi yang dipaparkan memberikan landasan pengetahuan dan sekaligus pengenalan isu-isu mutahir kebijakan publik di bidang lingkungan dalam kaitannya dengan penataan ruang dan perencanaan wilayah. Rangkuman simpulan meliputi beberapa aspek sesuai dengan pemaparan topik-topik yang mencakup: (i) Ruang Terbuka Hijau (RTH), (ii) Pencegahan Risiko Bencana, (iii) Limbah Tekstil dan Sampah Plastik, dan (iv) Penataan Permukiman dan Wisata.
Diharapkan buku ini dapat menjangkau kepentingan para pengambil-kebijakan, peneliti, dan pemerhati lingkungan, khususnya di bidang kebijakan dan penataan ruang. Akan sangat berharga bagi generasi penerus untuk menciptakan kesejahteraan secara bersama dan membangun masyarakat semua generasi dalam satu bumi.

Selamat datang di buku yang disusun dengan penuh antusiasme, terutama kepada para sahabat pembaca yang tertarik terhadap subjek Seri Tata Ruang dan Rencana Wilayah: Dinamika Kebijakan Lingkungan Global dalam Perspektif Lokal. Gagasan awal munculnya buku ini banyak terinspirasi dari masukan para mahasiswa Pasca Sarjana Sekolah Ilmu Lingkungan Universitas Indonesia, khususnya sewaktu menyusun tugas ulasan yang berorientasi pada calon riset guna mencapai gelar magister dalam bidang Ilmu Lingkungan. Selanjutnya, buku ini lahir dari dedikasi bersama untuk memberikan sumber belajar yang bermanfaat bagi para sahabat pembaca, khususnya para peminat bidang Analisis Spatial, Kebijakan Publik dan Ilmu Lingkungan, dan khalayak umum perencana ruang yang tertarik dengan penataan ruang dan kebijakan lingkungan.
Melalui buku ini, seseorang dapat memperkaya pemahaman tentang dinamika kebijakan lingkungan yang terkait dengan penataan ruang dan perencanaan wilayah. Penggalian isu-isu global dilakukan dan dirangkum-bandingkan dengan konteks lokal. Tujuan penelusuran tersebut dimaksudkan untuk membantu para pembaca memahami peran penting kebijakan lingkungan dalam pembangunan berkelanjutan, baik secara global maupun local, khususnya dalam perencanaan wilayah.

About the Author: admin

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *