Stroke: Aspek Klinis, Problematika, Perbaikan Fungsional, dan Tatalaksana Pasca Perawatan

Telah Terbit Juli 2023

Stroke: Aspek Klinis, Problematika, Perbaikan Fungsional, dan Tatalaksana Pasca Perawatan

Penulis : Dr. dr. Al Rasyid, Sp.S (K)

troke adalah serangan pada otak yang terjadi akibat suatu patologis dan menyebabkan terjadinya suatu defisit neurologis. Stroke terbagi menjadi dua klasifikasi, yaitu iskemik dan hemoragik, dengan iskemik lebih sering terjadi. Saat seorang pasien mengalami stroke, otak dan fungsinya akan terganggu, sehingga pasien tetap membutuhkan layanan medis lanjutan meskipun serangan stroke telah selesai. Dalam masa kini, tingkat insidens baru dari stroke mencapai sekitar 14 juta secara global dengan sebagian besar berada dalam kelompok usia lansia atau diatas 65 tahun yang memiliki risiko serangan stroke berkali-kali.1 Setelah pasien meninggalkan rumah sakit, pasien dan keluarga beserta pengasuhnya akan mendapatkan beban luar biasa atas dampak serangan stroke baik dalam aspek keuangan ataupun kemampuan beraktivitas yang perlu pendampingan dengan penuh perhatian dalam menjalani hidup.

Seperti kita ketahui, tatalaksana dan luaran pasien stroke bukan semata-mata ditentukan oleh keberhasilan pengelolaan dan tatalaksana pada saat akut saja, namun juga tatakelola pasien perawatan selanjutnya sangat memengaruhi luaran pasien. Buku ini sangat berguna sebagai panduan bagi paramedis, dokter, khususnya spesialis neurologi dalam tatalaksana pasien stoke, terutama pasca rawat rumah sakit.

buku monograf yang berjudul “Stroke: Aspek Klinis, Problematika, Perbaikan Fungsional, dan Tatalaksana Pasca Perawatan” telah diterbitkan. Buku ini ditulis untuk memberikan pemahaman dan masukan yang mendalam tentang stroke, khususnya pasca perawatan serta kondisi medis yang memengaruhi jutaan orang di seluruh dunia setiap tahunnya.


Dalam buku ini juga, dibahas berbagai aspek klinis stroke, termasuk penyebab, gejala, diagnosis, penanganan yang tepat, problematika yang muncul akibat stroke, seperti gangguan fungsional dan psikologis, serta memberikan solusi dan tatalaksana yang efektif untuk membantu pasien memulihkan diri setelah perawatan.


Berbekal pengetahuan yang telah dipelajari dan diteliti, khususnya tentang stroke selama ini, dapat membagikan pengetahuan dan pengalaman dalam menangani dan mengelola pasien stroke, khususnya pasca perawatan. Diharapkan buku ini dapat menjadi sumber rujukan yang berguna bagi para medis, dokter, khusunya spesialis neurologi, dan masyarakat umum yang ingin mempelajari lebih jauh tentang stroke dan cara menghadapinya pada pasca rawat.

About the Author: admin

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *