Pedoman PemantauanPerkembangan Bayi 0-12 Bulan

Segera Terbit

Pedoman Pemantauan Perkembangan Bayi 0-12 Bulan

Dr. Nur Agustini, S.Kp., M.Si
Dr. Nani Nurhaeni S. Kp., M.N
Dr. Fajar Tri Waluyanti, S.Kp., M.Kep., Sp. Kep.An
Dr. Allenidekania, S.Kp., M.Sc
Ns. Zesi Aprillia, S.Kep., M.Kep., Sp.Kep.An

Pertumbuhan dan perkembangan bayi yang optimal merupakan harapan setiap orang tua. Pertumbuhan dapat dilihat dalam ukuran, jumlah atau dimensi tingkat sel, organ dan individu, sedangkan perkembangan merupakan hasil dari proses kematangan (maturitas), bertambahnya kemampuan suatu individu. Kesehatan bayi menjadi tanggung jawab orang tua dan masyarakat, baik profesional maupun non profesional serta negara. Untuk mendapatkan tumbuh kembang yang optimal, perlu dilakukan observasi, antisipasi, deteksi dan mengatasi masalah tumbuh kembang pada anak.


Pemahaman tentang tumbuh kembang pada setiap tahapan usia pada bayi perlu dimiliki oleh orang tua ataupun pengasuh. Dalam buku ini akan di jelaskan kemampuan yang harus dimiliki oleh oleh seorang bayi sesuai usia dan stimulasi apa saja yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkan tumbuh kembang bayi.

Kualitas suatu generasi sangat dipengaruhi oleh proses tumbuh kembang semasa bayi. Dalam buku ini, tugas tumbuh kembang akan di bahas berdasarkan usia bayi dalam bulan. Orang tua ataupun pengasuh dapat menggunakan buku ini sebagai panduan deteksi dini adanya gangguan tumbuh kembang pada sikecil. Selain itu, buku ini memberikan gambaran stimulasi yang diperlukan bayi berdasarkan usianya.

Bayi memiliki tugas tumbuh dan berkembang sejak ia dilahirkan. Pertumbuhan merupakan perubahan dalam ukuran, atau dimensi tingkat sel, organ dan individu, sedangkan perkembangan adalah bertambahnya kemampuan dalam struktur dan fungsi tubuh yang lebih kompleks. Pertumbuhan dan perkembangan dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor

About the Author: admin

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *