Buku Ajar Obstetri dan Ginekologi: Anamnesis dan Pemeriksaan Fisik pada Pasien Obstetri dan Ginekologi

Segera Terbit

Buku Ajar Obstetri dan Ginekologi: Anamnesis dan Pemeriksaan Fisik pada Pasien Obstetri dan Ginekologi

Editor:
Achmad Kemal Harzif ;Alfa Putri Meutia; Dwiana Ocviyanti;
M. Dwi Priangga

Secara umum, masa kehamilan dibagi menjadi tiga trimester. Trimester pertama dimulai dari awal kehamilan (sejak hari pertama haid terakhir) hingga minggu ke-13 lebih enam hari. Trimester kedua dimulai dari awal minggu ke-14 hingga minggu ke-27 lebih enam hari serta trimester ketiga dimulai dari awal minggu ke-28 hingga minggu ke-40 lebih enam hari.

suhan antenatal penting dilakukan sedini mungkin sejak kehamilan diketahui. Tujuan dari asuhan antenatal adalah untuk mengetahui status kesehatan ibu dan janin, menentukan usia kehamilan, serta merencanakan asuhan kehamilan dan persalinan

Buku ajar obstetri dan ginekologi ini memuat beberapa bahasan mengenai anamnesis dan pemeriksaan fisik baik pada pasien obstetri mau-pun pasien ginekologi, yang diharapkan dapat menjadi acuan untuk belajar bagi para peserta pendidikan dokter spesialis obstetri dan ginekologi pada khususnya. Serta bagi para mahasiswa fakultas kedokteran dan tenaga kes-ehatan lain pada umumnya.


Buku ini memang tidak memuat secara lengkap seluruh materi keilmuan yang dituliskan, namun buku ini diharapkan dapat menjadi pegangan dalam upaya menguasai ilmu pengetahuan sesuai dengan kom-petensi yang harus dicapai dalam setiap modul. Dengan menyadari cepat-nya perkembangan ilmu pengetahuan, maka peserta program Pendidikan Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi diharapkan untuk tetap mencari sumber-sumber pengetahuan seperti buku-buku dan jurnal-jurnal ilmiah yang terbaru dan mutakhir.

About the Author: admin

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *