Indeks Pembangunan Hukum di Indonesia Tahun 2021

SegeraTerbit

Indeks Pembangunan Hukum di Indonesia Tahun 2021

IPH tahun 2021 merupakan nilai yang dihasilkan dari pengukuran capaian pembangunan hukum yang diharapkan dapat menjadi representasi capaian pembangunan hukum Indonesia, yang berfokus pada pengukuran pilar budaya hukum, materi hukum, penegakan hukum, kelembagaan hukum, serta informasi dan komunikasi hukum.
IPH disusun dengan dilandaskan pada aspek terencana, berkualitas, berkelanjutan dan bersifat holistikyang memuat prinsip-prinsip negara hukum sebagaimana amanat Undang-llndang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. IPH merupakan Key Performance Indicator (KPI) untuk mengetahui keberhasilan, tantangan dan hambatan dalam pembangunan bidang hukum. Penyusunan IPH dimaksudkan sebagai referensi dan pedoman bagi seluruh pemangku kepentingan dalam perumusan kebijakan pembangunan hukum yang lebih tepat sasaran dan efektif. Selain itu, pengukuran IPH merupakan keberlanjutan evaluasi berbasis bukti terhadap capaian pembangunan hukum nasional di Indonesia yang memuat prinsip-prinsip negara hukum sebagaimana amanat UUD1945.


IPH 2021 menempatkan masyarakat sebagai komponen utama dari dampak pembangunan hukum yang telah dilaksanakan. Ke depannya, hasil pengukuran IPH 2021 diharapkan dapat menjadi referensi dan masukan kepada seluruh stakeholders, terutama dalam rangka meningkatkan kualitas perencanaan dan penyusunan kebijakan pembangunan hukum guna memberikan manfaat bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Baku ini adalah bukti nyata dari semangalt dan dedikasi yang tak terelakkan dalam ^nemaiukan pembangunan hukum di iriffinesia dalam rangka menuiu 100 tahu^c pendidikan tinggi hukum. Indeks ini menggambarkan upaya nyata kita dalam mengukur, menganalisis, dan mengevaluasi perkembangan sistem hukum yang menjadi landasan masyarakat yang adil dan berkeadilan.


Dalam buku ini, kita akan menjumpai data yang akurat yang diperoleh dari masyarakat maupun instansi K/K yang disertai dengan analisis yang mendalam tentang situasi pembangunan hukum di tahun 2021. Mulai dari efektivitas lembaga peradilan, akses terhadap keadilan bagi semua lapisan masyarakat, hingga penegakan hukum yang tangguh, semuanya dipersembahkan dalam buku ini untuk memperkaya pemahaman kita tentang kompleksitas dunia hukum.

About the Author: admin

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *