Teknologi Intensifikasi Proses untuk Pengolahan Limbah Padat dan Cair serta Depolusi Gas

Segera Terbit

Teknologi Intensifikasi Proses untuk Pengolahan Limbah Padat dan Cair serta Depolusi Gas

Penulis:
Setijo Bismo; Nelson Saksono; Sutrasno Kartohardjono; Yuliusman

Buku ini membahas berbagai Teknologi Intensifikasi Proses (TIP) yang berbasis Teknik Kimia dan Proses dalam pengolahan-pengolahan limbah padat, air limbah, maupun proses depolusi gas. Konsep Intensifikasi Proses saat ini telah menjadi tema penting dalam berbagai diskusi, baik di dunia riset maupun dalam industri kimia, baik proses yang bersifat konversi seperti Teknologi Plasma Ozon dan Elektrolisis Plasma, maupun yang bersifat pemisahan/pemurnian seperti Teknologi Membran dan Ekstraksi Cair-Cair.


Berbagai alat-alat proses dan pemroses seperti alat-alat penukar panas, reaktor kimia, dan unit-unit pemisahan/pemurnian telah banyak mengalami sentuhan konsep proses dan atau pemrosesan terkait TIP. Penelitian-penelitian di bidang ini telah semakin banyak dilakukan di berbagai bidang proses kimia, khususnya yang berorientasi pada efisiensi energi dan konversi reaksi yang tinggi, serta tentunya yang ramah dengan lingkungan. Pada akhirnya, konsep pengembangan TIP ke depan adalah tentang kejelian visi, intuisi, dan imajinasi yang baik dalam implementasi sistem produksi, minimisasi limbah, dan atau pengendalian pencemaran, yang diikuti dengan aplikasi metode-metode baru dalam penanggulangan masalah dan kendala yang ada.

Edisi pertama dari buku ini bertujuan mengenalkan secara luas berbagai konsep TIP yang telah digeluti selama ini oleh para dosen dan peneliti di Laboratorium TIP, yaitu yang secara garis besar meliputi Teknologi Plasma dan Ozon, Teknologi Elektrolisis Plasma, Teknologi Membran dan Teknologi Ektraksi Cair-Cair; dimulai dari latar belakang, definisi umum, mekanisme proses, hingga aplikasinya terutama dalam pengolahan limbah padat, air limbah, maupun gas polutan. Buku ini juga digunakan sebagai salah buku wajib untuk Mata Kuliah Teknologi Plasma dan Ozon serta Teknologi Separasi Membran di DTK – FTUI. Secara umum, buku ini menyajikan hasil-hasil penelitian para dosen dan peneliti lainnya di Kelompok Penelitian (Research Group) Intensifikasi Proses DTK – FTUI, yang dapat dijadikan referensi utama maupun pelengkap bagi para mahasiswa yang akan melakukan penelitian atau tugas akhir di bidang ini.

About the Author: admin

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *