Kebijakan Pembangunan, Ketenagakerjaan & Kependudukan;  Perkembangan Dan Isu Terkini Di Indonesia

SEGERA TERBIT

Kebijakan Pembangunan, Ketenagakerjaan & Kependudukan;  Perkembangan Dan Isu Terkini Di Indonesia

Penulis:

Muhammad Halley Yudhistira
Christina Ruth Elisabeth
Djoni Hartono
Bambang Brodjonegoro

Buku ini bertujuan untuk menjadi panduan konsep dan metode dalam Perencanaan Kebijakan Pembangunan, Kependudukan, dan Ketenagakerjaan di Indonesia. Hal ini juga didukung karena perumusan, penerapan, dan evaluasi kebijakan merupakan pekerjaan yang rumit dan menantang. Persoalan ini menjadi lebih pelik khususnya di bidang pembangunan, kependudukan, dan ketenagakerjaan di mana hal tersebut merupakan salah satu pondasi utama dalam merepresentasikan perekonomian suatu negara.


Perumusan kebijakan pembangunan, kependudukan, dan ketenagakerjaan tidak akan pernah lengkap bila disusun tanpa memperhatikan aspek ekonomi di dalamnya. Pemahaman atas aspek ekonomi memberikan sudut pandang bagaimana aktor ekonomi—baik yang terlibat langsung maupun tidak—merespons kebijakan yang berpengaruh padanya. Mekanisme insentif dari sebuah kebijakan menentukan apakah aktor ekonomi yang akan diintervensi dapat mengubah perilakunya sesuai dengan maksud dari para pengambil kebijakan. Suatu kebijakan dikatakan berhasil mencapai tujuannya jika sistem insentif tidak bias dalam mengubah perilaku aktor ekonomi ke arah yang diinginkan.


Hal lain yang tidak kalah pentingnya adalah penekanan terhadap nilai sosial dalam analisis kebijakan. Penekanan terhadap nilai sosial sangat penting karena suatu kebijakan akan berdampak terhadap manusia, yang bisa saja memiliki respons berbeda antar-lokasi/kelompok masyarakat. Dengan melihat konsekuensi sosial dari kebijakan yang diambil, analisis kebijakan yang komprehensif memungkinkan identifikasi pilihan kebijakan yang efektif dan efisien untuk mencapai tujuan yang diinginkan.
Buku Kebijakan Pembangunan, Ketenagakerjaan & Kependudukan: Perkembangan dan Isu Terkini di Indonesia memuat 24 Bab yang dikontribusikan oleh 39 penulis di mana isinya memberikan bukti-bukti empiris dengan data-data terkini mengenai bagaimana Perencanaan Kebijakan Pembangunan, Kependudukan, dan Ketenagakerjaan di Indonesia.

Dalam penyajiannya, buku ini memberikan informasi terkait kebijakan terkini di Indonesia, analisis kuantitatif terhadap efektivitas dan keterbatasan dari kebijakan tersebut, serta menawarkan penyempurnaan maupun alternatif kebijakan yang dapat diterapkan untuk memaksimalkan tujuan utama dari kebijakan tersebut.


Walapun buku ini menggunakan konsep ekonomi dalam melakukan evaluasi terhadap kebijakan, buku ini tidak hanya ditujukan bagi mereka yang memiliki latar belakang ekonomi. Mereka yang memiliki minat mengenai perkembangan kebijakan-kebijakan di Indonesia, baik itu praktisi maupun masyarakat umum, juga diharapkan dapat memahami argumen dan analisis di buku ini dengan baik.
Selain itu, buku ini juga diharapkan dapat memberikan manfaat dalam perumusan, penerapan, dan evaluasi kebijakan pembangunan, kependudukan dan ketenagakerjaan yang lebih baik sehingga mendukung terciptanya kondisi perekonomian Indonesia yang unggul.

About the Author: admin

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *