Aplikasi Terkini Konsentrat Trombosit Autologus Pada Rekayasa Jaringan Untuk Meningkatkan Kualitas Hidup Manusia

Segera Terbit

Aplikasi Terkini Konsentrat Trombosit Autologus Pada Rekayasa Jaringan Untuk Meningkatkan Kualitas Hidup Manusia

Penulis : Mirta Hediyati Reksodiputro

Institusi pendidikan kedokteran memiliki tugas besar dalam pengembangan keilmuan, pendidikan dan pengajaran, penelitian dan inovasi, serta pengabdian masyarakat. Berbagai penelitian dan inovasi terkini perihal rekayasa jaringan dalam bidang kedokteran telah berkembang pesat. Perkembangan rekayasa jaringan dewasa ini telah banyak menciptakan produk biologi yang dapat membantu mempercepat proses penyembuhan luka. Perkembangan produk biologi untuk aplikasi klinis akan sangat berdampak pada hasil operasi, khususnya bidang Fasial Plastik Rekonstruksi Telinga Hidung Tenggorok Bedah Kepala Leher (THTBKL). Rekayasa jaringan umumnya memerlukan komponen matriks ekstraseluler tambahan untuk berasimilasi ke dalam sel guna meningkatkan potensi regenerasi jaringan baru. Salah satu produk biologi yang saat ini banyak digunakan dalam proses penyembuhan luka adalah Platelet Rich Plasma (PRP). PRP merupakan konsentrat trombosit autologus yang merupakan sumber faktor pertumbuhan.

Pada saat teraktivasi, trombosit akan melepaskan alpha granule yang mengandung berbagai faktor pertumbuhan yang dibutuhkan dalam proses penyembuhan luka. Meskipun demikian PRP memiliki beberapa kekurangan antara lain PRP berupa cairan dan proses pembuatannya membutuhkan thrombin bovine yang bersifat xenologus (berbeda species).1 Selain itu, penglepasan faktor pertumbuhan dari PRP terjadi sekaligus yaitu saat awal diaplikasikan. Saat ini telah dikembangkan preparat trombosit autologus bentuk lain yaitu Platelet Rich Fibrin Matrix (PRFM), yang mempunyai struktur lebih padat dan lentur.2,3 PRFM merupakan konsentrat trombosit generasi terbaru yang menghasilkan fibrin alami pada mana trombosit tersebar di dalamnya. Dengan morfologi tersebut selain sebagai sumber faktor pertumbuhan, PRFM juga berperan sebagai kerangka (scaffold) yang akan membantu melokalisasi faktor pertumbuhan.

Dewasa ini penggunaan produk konsentrat trombosit dalam optimalisasi rekayasa jaringan semakin banyak digunakan, khususnya pada bidang fasial plastik rekonstruksi THTBKL. Berbagai tindakan operasi dan tatalaksana di bidang Fasial Plastik Rekonstruksi THTBKL banyak menggunakan produk konsentrat trombosit, seperti PRP platelet gel, Platelet Rich Fibrin (PRF), PRFM. Operasi yang menggunakan produk konsentrat trombosit antara lain rekonstruksi penutupan defek luka, rekonstruksi fistula trakeo-esofago-kutan, paresis pita suara, serta rekonstruksi yang menggunakan implan PRF bersama dengan tandur lemak atau tulang rawan. Dalam layanan poliklinik, produk trombosit sering digunakan untuk perawatan luka.

Produk trombosit tersebut mengandung faktor pertumbuhan, faktor perekat, kemokin, sitokin, angiogenesis, dan zat lain yang berperan dalam rekayasa jaringan. Semua kandungan ini sangat penting untuk rekayasa jaringan, sehingga produk konsentrat trombosit banyak digunakan dalam berbagai bidang kedokteran. Untuk memahami peran trombosit dalam aplikasi di atas, diperlukan pemahaman yang lebih dalam tentang berbagai produk konsentrat trombosit serta metode pembuatannya.

About the Author: admin

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *