Kupas Tuntas Anestesia Regional Pediatri

Segera terbit

Kupas Tuntas Anestesia Regional Pediatri

Penulis:

Andi Ade Wijaya Ramlan; Arif HM Marsaban; Christopher Kapuangan; Rahendra;
Raihanita Zahra; Komang Ayu Ferdiana; Raden Besthadi Sukmono

Perkiraan Harga Jual: Rp. 62.000

Sensasi nyeri merupakan suatu proses fisiologis kompleks yang dimulai dari transduksi nyeri pada tempat cedera, transmisi, hingga modulasi di sistem saraf pusat. Jalur nyeri ini mulai berfungsi pada usia janin 24 minggu. Proses mielinisasi yang terjadi pada neonatus masih belum lengkap pada saat

lahir, sehingga transmisi saraf pada neonatus relatif lebih lambat bila dibandingkan dengan orang dewasa. Akan tetapi, neuron nosiseptif lainnya pada neonatus, seperti serabut saraf C yang merupakan serabut saraf tanpa mielin dan serabut saraf Aγ yang memiliki mielin tipis sudah hampir sama seperti orang dewasa.
Jalur nyeri sudah mulai muncul pada saat lahir, namun kebanyakan jalur transmisi saraf tersebut masih bersifat imatur. Akibatnya, terdapat perbedaan yang cukup besar antara respon bayi terhadap cedera bila dibandingkan dengan orang dewasa. Dalam perkembangan sistem saraf, mekanisme penghambatan masukan nosiseptif pada kornu posterior sumsum tulang belakang berkurang bila dibandingkan dengan orang dewasa. Selanjutnya, neuron dari kornu posterior pada bayi baru lahir memiliki ladang reseptif yang lebih luas dan batas rangsang yang lebih rendah bila dibandingkan dengan anak-anak yang lebih tua.
Dengan demikian, dibandingkan dengan orang dewasa, bayi memiliki tanggapan refleks berlebihan terhadap rasa sakit. Selain itu, penelitian terbaru pada hewan yang baru lahir telah mengungkapkan bahwa kegagalan untuk memberikan analgesia untuk nyeri yang dialami akan mengakibatkan rewiring jalur saraf yang bertanggung jawab untuk transmisi nyeri pada kornu posterior sumsum tulang belakang dan akan meningkatkan persepsi nyeri untuk sensasi nyeri yang dialami berikutnya di masa depan.

Buku Kupas Tuntas Anestesia Regional Pediatri ini telah selesai dibuat dengan semaksimal mun-gkin oleh tim penulis agar menjadi manfaat bagi sejawat para dokter spesialis anestesi, dokter residen anestesi dan terapi intensif, serta dokter umum.
Buku Kupas Tuntas Anestesia Regional Pediatri ini dapat digunakan sebagai panduan dan bahan pembelajaran bagi para dokter dalam memahami ilmu anestesi yang terkhusus dibidang regional pediatrik.
Buku ini berisi materi anestesi regional pediatrik yang mencakup pengetahuan umum anatomi fisi-ologis pada pasien pediatrik, panduan dalam mempersiapkan, pelaksanaan dan monitoring aneste-si regional pada pasien pediatrik, hingga keamanan dan komplikasinya.

About the Author: admin

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *