Panduan Penanganan Spesimen Untuk Pemeriksaan Mikrobiologi

Segera Terbit

Panduan Penanganan Spesimen Untuk Pemeriksaan Mikrobiologi

Pekiraan Harga Jual : Rp. 72.000

Spesimen yang dapat digunakan untuk pemeriksaan mikrobiologi adalah spesimen yang memenuhi kriteria spesimen yang baik, disertai pelabelan pada wadah dan pengisian formulir permintaan pemeriksaan yang lengkap dan terarah. Spesimen untuk biakan/kultur* dan berasal dari lokasi yang steril harus dikirim dalam wadah steril. Spesimen kemudian dikirim ke laboratorium dengan kondisi yang sesuai dengan jenis spesimen dan mikroba yang akan dikultur atau dideteksi.

Buku pedoman ini dibuat agar para dokter, perawat, serta petugas kesehatan lainnya dapat melakukan penanganan spesimen untuk pendukung diagnosis infeksi dengan baik sehingga didapatkan hasil yang akurat. Pedoman ini mengacu pada beberapa literatur utama yang telah dilengkapi dan diformat ulang sebagai buku saku sehingga lebih praktis dalam penggunaannya. Penanganan spesimen yang dimaksud meliputi pemilihan, pengambilan, pengiriman, dan penyimpanan spesimen. Proses tersebut sangat penting untuk menghasilkan pemeriksaan laboratorium mikrobiologi yang berkualitas dan bermakna dalam tatalaksana penyakit infeksi.

Buku ini terutama menjelaskan spesimen untuk mikroba (Bab IV- XIV), sedangkan untuk pemeriksaan mikrobiologi molekuler dibahas secara khusus pada Bab XV.

Buku ini menjelaskan tentang penanganan spesimen yang meliputi cara pengambilan, pengiriman, penyimpanan dan keseluruhan penanganan spesimen yang tepat untuk pemeriksaan mikrobiologi. Kami berharap buku ini dapat mendukung dan melengkapi pengetahuan dan keterampilan yang telah dimiliki oleh klinisi atau tenaga kesehatan lainnya yang secara langsung menangani pasien, sehingga hasil pemeriksaan mikrobiologi menjadi lebih akurat dan berguna sebagai dasar diagnosis dan tatalaksana pasien.
Buku ini merupakan penyempurnaan dari edisi sebelumnya yang pertama kali diterbitkan pada Maret 2017. Kami berusaha menampilkan gambar dengan kualitas yang lebih baik, serta menambahkan beberapa aspek baru, seperti misalnya yang terkait dengan pemeriksaan SARS-CoV-2.

About the Author: admin

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *