Bunga Rampai Penelitian Lingkungan Indonesia: Ringkasan Tesis Program Studi Magister Ilmu Lingkungan

Segera Terbit

Bunga Rampai Penelitian Lingkungan Indonesia: Ringkasan Tesis Program Studi Magister Ilmu Lingkungan

Tim Penyusun:

  1. Dr. dr. Tri Edhi Budhi Soesilo, M.Si
  2. Dr. Dony Abdul Chalid, S.E., M.M
  3. Dr. Hayati Sari Hasibuan, S.T., M.T
  4. Dr. Evi Frimawaty, S.Pt., M.Si
  5. Esti Suyanti, M.Pd
  6. Yenne Aria Adhi Karai, M.M
  7. Mochamad Fahry, S.Si
  8. Anggita Priliyani Putri, S.Hum
  9. Ridki Dian Fitriani

Perkiraan Harga Jual : Rp. 298.000

Ilmu lingkungan adalah kajian tentang kenyataan dan upaya yang harus dilakukan manusia untuk mengelola lingkungan hidup sesuai dengan peran dan fungsinya, agar mendukung perikehidupan serta meningkatkan kesejahteraan umat manusia dan makhluk hidup lainnya.
Kata lingkungan hidup umumnya menyangkut segala sesuatu yang ada disekitar kita: udara, lautan dan beua serta tanaman, hewan dan mikrooganismayang hidup di dalamnya. Ilmu tentunya mengacu pada upaya yang dilakukan dengan sebagaja dan dengan segenap tenaga untuk mencari fakta dan hukum alam; ilmu mencari kepastian ke depan melalui teori.
Ilmu lingkungan adalah istilah baru untuk kegiatan yang telah dilakukan oleh spesies kita sepanjang masa: mempelajari cara kita hidup diplanet bumi tanpa merusaknya atau tanpa membuat kehidupan kita sendiri terancam ketika kegiatan tersebut dilakukan. Kini ilmu lingkungan dipraktekan oleh ribuan pakar, mulai dari peneliti saat mereka menguji logam jenis baru hingga kaum naturalis ketika mereka mencari jenis tumbuhan baru, dan astrionot di luar angkasa yang mencari tahu cara yang lebuh ampuh untuk memantau kegiatan bumi.

Buku ini disusun sebagai salah satu upaya Sekolah Ilmu Lingkungan untuk ikut berkontribusi membangun lingkungan Indonesia melalui peranannya sebagai mahasiswa yang mendalami ilmu lingkungan. Ilmu lingkungan adalah kesatuan kajian tentang kenyataan dan upaya yang selama ini dilakukan serta yang seharusnya dilakukan manusia untuk mengelola lingkungan agar mendukung perikehidupan serta meningkatkan kesejahteraan umat manusia dan makhluk hidup lainnya. Fokus ilmu lingkungan lebih diarahkan pada bagaimana manusia harus menempatkan dirinya secara serasi, seimbang, dan berkesinambung dalam lingkungan.


Ilmu lingkungan sebagai sebuah program studi yang sesuai dengan misi Universitas Indonesia menjadi universitas yang berbasis riset kelas dunia, dengan memiliki kluster-kluster penelitian di antaranya: (1) interaksi, pemberdayaan masyarakat dan lingkungan sosial, (2) pengelolaan kualitas dan risiko lingkungan, (3) biodiversitas untuk keberlanjutan sumber daya alam, (4) penataan ruang dan kawasan berorientasi transit, (5) inovasi hijau, produksi-konsumsi berkelanjutan dan energi terbarukan, (6) mitigasi dan kesiapsiagaan untuk pengurangan risiko bencana, (7) ekonomi lingkungan untuk pembangunan berkelanjutan, dan (8) perubahan iklim.


Buku ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang penelitian di Sekolah Ilmu Lingkungan, oleh karena itu kami berharap buku ini dapat menjadi sumber informasi dan menjadi referensi dalam menyelesaikan permasalahan lingkungan di Indonesia. Pada kesempatan ini kami juga mengucapkan terimakasih kepada semua lulusan Sekolah Ilmu Lingkungan serta pihak yang telah memberikan masukan dan koreksi terhadap penyempurnaan buku Bunga Rampai Penelitian Lingkungan Indonesia ini.

About the Author: admin

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *