Statika: Bagian Dari Mekanika Teknik

Segera Terbit

Statika: Bagian Dari Mekanika Teknik

Pengarang :

Ir. Sidharta S. Kamarwan

Dr. Ir. Heru Purnomo DEA.

Perkiraan Harga Jual: Rp. 148.000

Kelangkaan buku-buku wajib dan rujukan sebagai bahan informasi, akan hanya menambah lebar jarak ketinggalan pengetahuan kita. Sekalipun dewasa ini telah banyak diterbitkan buku-buku pengetahuan khususnya dalam bahasa Indonesai untuk mengisi ketinggalan ini, namun masih lebih banyak lagi buku-buku yang perlu diciptakan untuk mengisi kekurangan itu.
Lain daripada itu dewasa ini Departemen Pendidikan dan Kebudayaan berusaha sebaik-baiknya untuk menunjang proses pendidikan di Indonesia dengan mengadakan pembatasan beban belajar seperti tersebut di dalam kurikulum minimum. Untuk mengisi rencana tersebut antara lain diperlukan BUKU BAKU.
Buku ini diterbitkan untuk mengisi keperluan tersebut. Buku ini disajikan untuk kuliah dua semester dan dimaksudkan untuk memberikan penjelasan Prinsip Dasar Statika. Karena itu buku ini akan merupakan satu kesatuan dengan buku Mekanika Teknik yang lain. Isi buku ini disajikan terutama bagi mahasiswa Arsitektur dan Sipil. Buku ini juga dimaksudkan untuk mendokumentasikan hal-hal yang sudah mulai ditinggalkan.
Dalam mempelajari buku ini perlu diikuti metode diskusi, response, dan tugas, untuk mengajak pembaca agar berpikir dan mencerna pengertian dasar makna ilmu tersebut yang selalu dikaitkan dengan penterapan ilmu dalam struktur. Penjabarannya ditandai dengan adanya pendahuluan pada setiap awal dari semua bab dan adanya pertanyaan-pertanyaan yang diajukan di antara uraian pada tiap-tiap Bab.

Buku ini diterbitkan kembali untuk menunjang proses pembelajaran mekanika teknik dasar bagi para mahasiswa program studi teknik sipil. Sebagian besar isi buku ini masih sama seperti edisi sebelumnya. Perubahan dilakukan pada beberapa bagian buku dimana perbedaan mendasar dengan buku sebelumnya adalah penggunaan satuan internasional dan penambahan satu bab yang berisikan tentang struktur gantungan dan sokongan, maupun terdapat perubahan penempatan beberapa sub-bab. Selain itu istilah konstruksi digantikan dengan struktur. Konstruksi lebih cocok digunakan dalam ranah pelaksanaan pembangunan satu struktur.
Untuk memahami mekanika teknik, mahasiswa perlu banyak melatih diri baik secara mandiri ataupun dalam kelompok dengan mengerjakan soal-soal; khususnya pengerjaan kembali contoh-contoh soal yang telah disertai jawaban soal. Dengan banyaknya variasi soal-soal mekanika teknik, maka mahasiswa diharapkan jangan menghapal jawaban atas kasus soal tertentu, melainkan harus memahami sistimatika cara menangani satu persoalan yang tentunya harus disertai pemahaman atas konvensi dan notasi yang disepakati oleh banyak pihak. Kecepatan dalam menyelesaikan persoalan akan sangat tergantung pada seberapa banyak latihan secara mandiri yang telah dilakukan oleh seorang mahasiswa. Buku ini mencoba memberikan contoh-contoh soal dalam bentuk kasus.

About the Author: admin

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *