Epigenetik dan Perannya pada Penyakit

Segera Terbit

Epigenetik dan Perannya pada Penyakit

Penulis:
Prof. Dr.rer.nat. Dra. Asmarinah, MS.
Grafis:
Rizky Fadhila Putra, S.Ab

Perkiraan Harga Jual : Rp. 42.000

Epigenetik berasal dari kata epi yang artinya “diluar” atau selain” dan genetik. Genetika adalah ilmu yang mempelajari tentang penurunan sifat/fenotip karena ada molekul yang dapat diturunkan (materi hereditas), yaitu asam deoksiribonukleat (Deoxyribonucleic Acid /DNA) yang mengkode protein. Pemahaman tentang faktor genetik pada sifat/karakter individu adalah berdasarkan adanya perubahan pada susunan nukleotida pada molekul DNA, sedangkan epigenetik adalah ilmu yang mempelajari tentang perubahan suatu sifat/karakter dari organisme, akibat ekspresi gen yang berubah, dan bukan karena adanya perubahan pada sekuens dari DNA.

Informasi genetik yang dikode oleh molekul DNA bukan satu-satunya sumber informasi yang relevan untuk menjelaskan mekanisme molekuler timbulnya suatu penyakit, namun ternyata infomasi epigenetik, juga berperan penting dalam etiologi dari suatu penyakit. Pada era kedokteran molekuler saat ini, pengertian dan pemahaman tentang ilmu genetik dan epigenetik menjadi hal yang penting dalam diagnosis, tindakan pencegahan dan pengobatan suatu penyakit/kelainan. Ada tiga mekanisme utama pada bidang epigenetik yaitu molekul DNA yang termetilasi (DNA methylation), modifikasi protein histon dan adanya non-coding RNA. Ketiga proses tersebut terutama dapat menekan aktifitas/ekspresi gen atau menginduksi ekspresi gen yang berlebihan, sehingga dapat mempengaruhi reaksi biokimia dan fisiologi di dalam sel, dan akhirnya apabila menginduksi reaksi biokimia dan fisiologi yang abnormal dari suatu organ , maka dapat menimbulkan penyakit.

Pada buku ini akan dibahas bagaimana struktur dasar materi hereditas di dalam inti sel manusia yang tersusun dalam kromatin, komposisi dari nukleotida yang menyusun kromatin, pengertian tentang gen dan komponen penyusunnya, bagaimana proses ekspresi gen serta bagaimana mekanisme epigenetic yang mempengaruhi ekspresi gen, dan selanjutkan juga akan dibahas bagaimana mekanisme epigenetik menjadi penyebab timbulnya berbagai macam penyakit pada manusia.

Materi dari buku ini diharapkan dapat memberikan manfaat kepada masyarakat yang memerlukan pengetahuan ilmu Biologi Molekuler dan Genetika, khususnya tentang Epigenetik. Pada buku ini akan dijelaskan definisi Epigenetik, jenis-jenis mekanisme epigenetik, bagaimana faktor ini yang dapat mengubah ekspresi gen, yang kemudian dapat mempengaruhi fungsi sel – jaringan – organ menjadi tidak normal dan akhirnya dapat memicu keadaan patologis atau munculnya suatu penyakit. Kami berharap, buku ini dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat pada umumnya atau yang memerlukan.


Buku – Buku UI Publishing dapat di peroleh Gramedia dan toko toko buku lainnya

dapat pula di beli secara online di berbagai market place

Keterangan lebih lanjut mengenai buku dan penerbitan buku ber ISBN di UI Publishing dapat menghubungi UI Publishing di

email : desain@uipublishing.com

WA : 0818436500

Untuk menghubungi via WA dapat langsung klik link dibawah ini

wa.me/62818436500

About the Author: admin

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *