Buku Ajar Dasar Sistem Digital – Bagian 1

Segera Terbit

Buku Ajar Dasar Sistem Digital – Bagian 1

Penulis:
Anak Agung Putri Ratna
Prima Dewi Purnamasari
Mia Rizkinia
Endang Sriningsih
Retno Wigajatri Purnamaningsih

Perkiraan harga jual : Rp. 72.000

Baru-baru ini, yaitu pada tahun 2022, di Indonesia, siaran televisi analog dihentikan dan digantikan sepenuhnya dengan siaran televisi digital. Sebenarnya pemerintah Indonesia mulai mengimplementasikan siaran televisi digital sejak tahun 2012, sehingga beberapa stasiun televisi sudah melakukan siaran secara digital beberapa tahun belakangan ini, meskipun siaran analognya masih dipertahankan. Namun di akhir tahun 2022 ini siaran televisi analog benar-benar dihentikan. Salah satu alasan yang mendasarinya adalah bahwa siaran televisi digital memiliki gambar dan suara yang jauh lebih bagus dibandingkan dengan gambar dan suara dari siaran televisi analog.

Mengapa siaran televisi digital bisa memiliki kualitas gambar dan suara yang lebih bagus? Hal ini dikarenakan pada siaran televisi digital menggunakan sistem dan sinyal digital untuk mentransmisikan gambar dan suara, sementara di siaran televisi analog menggunakan sinyal dan sistem analog. Jadi perbedaan mendasarnya adalah dari “sistem digital” itu sendiri. Pada sub-bab ini kita akan berkenalan dengan sinyal digital dan apa perbedaannya dengan sinyal analog, dan mengapa sinyal digital secara umum lebih baik dibandingkan dengan sinyal analog.

Kita kemudian mengenal ada dua jenis sinyal yaitu sinyal analog dan sinyal digital. Sinyal analog merepresentasikan besaran fisik alami, sedangkan sinyal digital merepresentasikan besaran yang dibuat oleh manusia. Tetapi kemudian, sinyal analog ini bisa kita transformasikan ke sinyal digital. Sehingga besaran alami bisa kita representasikan dengan sinyal digital.

Buku “Dasar Sistem Digital – bagian 1” bertujuan untuk memperlengkapi mahasiswa dalam mencapai capaian pembelajaran mata kuliah, yaitu mahasiswa mampu merancang rangkaian digital sederhana (C6); mampu menunjukkan sikap kritis, kreatif, dan inovatif dan menghargai orang lain dalam kelompok untuk memecahkan masalah bersama dan tugas kelompok Dasar Digital(C3,A3).
Topik yang dibahas pada mata kuliah ini diantaranya: Sistem Digital dan Informasi, Prinsip Aljabar Boolean dan aplikasinya; Antarmuka logika; Sistem bilangan dan Encoding Data; Rangkaian Logika Dasar; rangkaian Kombinasi.

Buku – Buku UI Publishing dapat di peroleh Gramedia dan toko toko buku lainnya

dapat pula di beli secara online di berbagai market place

Keterangan lebih lanjut mengenai buku dan penerbitan buku ber ISBN di UI Publishing dapat menghubungi UI Publishing di

email : desain@uipublishing.com

WA : 0818436500

Untuk menghubungi via WA dapat langsung klik link dibawah ini

wa.me/62818436500

About the Author: admin

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *