Pedoman Penyelenggaraan Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter Gigi untuk Panitia Nasional

Segera Terbit

Pedoman Penyelenggaraan Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter Gigi untuk Panitia Nasional

Editor :
Yosi Kusuma Eriwati
Anggraeny Putri Sekar Palupi

Perkiraan Harga Jual : Di sebarkan luas dan gratis, baik buku fisik maupun ebook

Penyelenggaraan Uji Kompetensi Dokter Gigi Indonesia (UKMP2DG), pertama kali diselenggarakan pada tanggal 3-4 April 2007 sebagai wujud pelaksanaan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 29 Tahun 2004 tentang Praktik Kedokteran. Kolegium Dokter Gigi Indonesia (KDGI) yang menurut undang-undang tersebut merupakan institusi penerbit Sertifikat Kompetensi, menjadi penyelenggara Uji Kompetensi Dokter Gigi Indonesia (UKMP2DG) dengan dibantu oleh institusi pendidikan dokter gigi (IPDG) di seluruh Indonesia.


Untuk meningkatkan kualitas Uji Kompetensi Dokter Gigi Indonesia (UKDGI), Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional melalui Health Professional Education Quality (HPEQ) Project pada tahun 2010 sampai dengan 2014 telah memperbaiki metodologi dan manajemen uji kompetensi, yang salah satunya adalah mengintroduksikan ujian dalam bentuk Computer Based Test (CBT) dan Objective Stuctured Clinical Examination (OSCE).


Tahun 2013 Pemerintah mengundangkan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2013 tentang Pendidikan Kedokteran yang diikuti dengan dikeluarkannya Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 30 Tahun 2014 tentang Tata Cara Pelaksanaan Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter atau Dokter Gigi. Kedua aturan tersebut menjadikan pelaksanaan uji kompetensi bagi dokter gigi baru berubah menjadi ujian akhir yang diikuti oleh mahasiswa program profesi dokter gigi sebelum mereka dinyatakan lulus yang disebut Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter Gigi (UKMP2DG) yang diselenggarakan oleh Panitia Nasional UKMP2DG sebagai lembaga independen yang dibentuk berdasarkan Surat Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi


Buku Pedoman Penyelenggaraan UKMP2DG dibuat untuk mendukung pelaksanaan ujian yang terdiri dari 2 buku. Buku 1 adalah pedoman untuk panitia nasional sedangkan buku 2 adalah pedoman penyelenggaraan untuk panitia lokal. Pedoman ini tetap dibuat dengan memperhatikan aspek legalitas penyelenggaraan, kesederhanaan, keterlibatan penuh institusi pendidikan dokter gigi, serta azas desentralisasi.

Buku – Buku UI Publishing dapat di peroleh Gramedia dan toko toko buku lainnya

dapat pula di beli secara online di berbagai market place

Keterangan lebih lanjut mengenai buku dan penerbitan buku ber ISBN di UI Publishing dapat menghubungi UI Publishing di

email : desain@uipublishing.com

WA : 0818436500

Untuk menghubungi via WA dapat langsung klik link dibawah ini

wa.me/62818436500

About the Author: admin

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *