Pedoman Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) FMIPA UI 2023 UI 2022

Segera Terbit

Pedoman Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) FMIPA UI 2023 UI 2022

Tim Penyusun:
Prof. Drs. Ridla Bakri, M. Phil., Ph.D.,
Dr. Rika Tri Yunarti, S.Si., M.Eng.
Dr. rer. nat. Budiawan.,
Dr. Tito Latif Indra.

Harga Jual : FREE

Dalam rangka menyiapkan mahasiswa menghadapi perubahan sosial, budaya, dunia kerja dan kemajuan teknologi yang pesat tersebut, kompetensi mahasiswa harus disiapkan untuk lebih gayut dengan kebutuhan zaman. Link and match tidak saja dengan dunia industri dan dunia kerja tetapi juga dengan masa depan yang berubah dengan cepat. Perguruan Tinggi dituntut untuk dapat merancang dan melaksanakan proses pembelajaran yang inovatif agar mahasiswa dapat meraih capaian pembelajaran mencakup aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan secara optimal dan selalu relevan.


Merdeka Belajar Kampus Merdeka merupakan salah satu kebijakan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang bertujuan mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan yang berguna untuk memasuki dunia kerja. Salah satu program dari kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka adalah Hak Belajar Tiga Semester di Luar Program Studi. Mahasiswa diberikan kebebasan mengambil SKS di luar program studi, sebanyak tiga (3) semester yang terdiri dari, satu (1) semester diberi kesempatan mengambil mata kuliah di luar program studi dan dua (2) semester melaksanakan aktivitas pembelajaran di luar perguruan tinggi. Program tersebut merupakan amanah dari berbagai regulasi/landasan hukum pendidikan tinggi dalam rangka peningkatan mutu pembelajaran dan lulusan pendidikan tinggi.


Pembelajaran dalam Kampus Merdeka memberikan tantangan dan kesempatan untuk pengembangan kreativitas, kapasitas, kepribadian, dan kebutuhan mahasiswa, serta mengembangkan kemandirian dalam mencari dan menemukan pengetahuan melalui kenyataan dan dinamika lapangan seperti persyaratan kemampuan, permasalahan riil, interaksi sosial, kolaborasi, manajemen diri, tuntutan kinerja, target dan pencapaiannya.

Kampus Merdeka ini diluncurkan bertujuan untuk mencapai Sumber Daya Manusia (SDM) unggul dengan menyiapkan mahasiswa menjadi sarjana yang tangguh, sesuai dengan kebutuhan zaman, dan siap menjadi pemimpin, serta merupakan wadah bagi Mahasiswa untuk mencari ilmu dalam disiplin yang berbeda sesuai dengan passion dan cita-citanya, tidak harus mencocokkan (linier) dengan prodinya.


Sampai saat ini mahasiswa FMIPAUI banyak yang sudah memanfaatkan BKP (Bentuk Kegiatan Pembelajaran) MBKM ini, baik kegiatan perkuliahan di dalam universitas ataupun kegiatan pembelajaran lain di luar universitas yang ditawarkan oleh Dikti, seperti Magang (Praktik Kerja), Kampus Mengajar (Asistensi Mengajar di satuan Pendidikan), Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB atau microcredentials), dlsb. Agar semua kegiatan BKP MBKM dapat berjalan dengan baik dan teratur maka diperlukan suatu pedoman baku yang wajib diikuti oleh seluruh civitas akademika agar memudahkan semua pihak melaksanakannya dengan benar dan baik. Termasuk transfer (alih) kredit yang baku agar tidak menimbulkan keraguan diantara mahasiswa dan para Dosen. Demikian pula dengan adanya buku pedoman yang baku, diharapkan alur (tatacara) mengikuti BKP MBKM menjadi jelas dan tidak simpang siur.

About the Author: admin

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *