Kedokteran Gigi Geriatrik : Konsep dan Tata Laksana Komprehensif

Segera Terbit

Kedokteran Gigi Geriatrik : Konsep dan Tata Laksana Komprehensif

Editor :

Prof. Dr. M.F. Lindawati Soetanto Kusdhany, drg., SpPros., Subsp. PKIKG(K)

Prof. Dr. Yuniardini Septorini Wimardhani, drg., MScDent

Pekiraan Harga Jual : Rp. 160.000,-

Buku ini ditulis oleh para pakar dari berbagai bidang ilmu karena pendekatan perawatan pada pasien geriatri harus bersifat kolaboratif dan multidiplin. Buku ini juga merupakan buku yang pertama di Indonesia yang mengulas mengenai Kedokteran Gigi Geriatrik. Besar harapan kami buku ini dimanfaatkan para klinisi sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan gigi dan mulut lansia di Indonesia.

Buku ini ditulis berdasarkan fakta bahwa terdapat peningkatan populasi lanjut usia (lansia) di seluruh dunia termasuk di Indonesia, dengan konsekuensi meningkatnya pasien geriatri yang memerlukan perhatian khusus. Penyakit yang terjadi pada pasien geriatri tidak hanya terjadi karena kondisi sistemik dan degeneratif, namun dapat terkait dengan penyakit gigi dan mulut baik akut maupun kronis. Gerodontologi atau Ilmu Kedokteran Gigi Geriatrik merupakan disiplin ilmu yang mempelajari kesehatan gigi dan mulut serta perawatan dental pada pasien lansia. Ilmu Kedokteran Gigi Geriatrik berfokus pada perawatan rongga mulut pada pasien lansia yang memiliki hambatan fungsional dan kondisi yang mempengaruhi kesehatan gigi dan mulut. Cabang ilmu kedokteran gigi ini membutuhkan praktik kolaboratif interprofesional pada perawatan lansia serta menitikberatkan pada pencegahan kelainan gigi dan mulut.


Sumber informasi ilmiah di bidang Ilmu Kedokteran Gigi Geriatrik yang berbahasa Indonesia masih sangat terbatas, dan buku ini merupakan buku yang pertama di Indonesia yang mengulas mengenai Kedokteran Gigi Geriatrik. Masuknya pengenalan mengenai Ilmu Kedokteran Gigi Geriatrik ke dalam rancangan Standar Kompetensi Dokter Gigi Indonesia yang baru, membuat setiap institusi penyelenggara program studi Kedokteran Gigi perlu bersiap untuk membekali para mahasiswa dengan kompetensi yang diharapkan. Kualitas hidup optimal dari lansia diperoleh tidak saja melalui peningkatan kesehatan umum tapi juga kesehatan gigi dan mulut. Oleh karena itu peran dokter gigi dan dokter gigi spesialis menjadi sangat penting dalam mempertahankan kesehatan gigi dan mulut lansia. Terbitnya buku ini diharapkan dapat menjadi acuan dan referensi bagi staf pengajar dan mahasiswa dalam melakukan perawatan gigi dan mulut pada pasien lansia dan pasien geriatri.


Buku ini ditulis oleh tim yang berasal dari berbagai bidang ilmu. Hal ini sesuai dengan konsep perawatan pada pasien lansia dan pasien geriatri yang membutuhkan perawatan yang bersifat kolaboratif dan multidisiplin. Apresiasi yang setinggi-tingginya kepada tim penulis yang terdiri dari para pakar bebagai bidang ilmu dan merupakan anggota dari Ikatan Peminatan Gerodontologi Indonesia (IPGI) yang merupakan Ikatan dibawah ersatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI). Buku ini merupakan terobosan maju IPGI dalam memperkenalkan Ilmu Kedokteran Gigi Geriatrik ke para dokter gigi di Indonesia. Pada kesempatan ini kami juga sangat mengapresiasi kerjasama dengan Department of Dentistry, Chung San Medical University, Taiwan yang mendukung diterbitkannya buku ini. Kami juga menyampaikan terima kasih kepada Dekan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, atas dukungannya sehingga staf pengajar FKG UI yang merupakan sebagian besar penulis buku ini dapat berkontribusi maksimal.

Buku – Buku UI Publishing dapat di peroleh Gramedia dan toko toko buku lainnya

dapat pula di beli secara online di berbagai market place

Keterangan lebih lanjut mengenai buku dan penerbitan buku ber ISBN di UI Publishing dapat menghubungi UI Publishing di

email : desain@uipublishing.com

WA : 0818436500

Untuk menghubungi via WA dapat langsung klik link dibawah ini

wa.me/62818436500

About the Author: admin

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *