Manajemen Kualitas Total dalam Perspektif Teknik Industri

Segera Terbit

Manajemen Kualitas Total dalam Perspektif Teknik Industri

Penulis:
Prof Dr Ir Teuku Yuri M. Zagloel, MEngSc
Prof Dr Ir Rahmat Nurcahyo, MEngSc

Perkiraan Harga Jual : Rp 152.000

Total Quality Management (TQM) dalam praktiknya untuk meningkatkan kinerja organisasi dengan cara melibatkan secara total sumber daya organisasi untuk fokus pada pelanggan, mengerahkan kepemimpinan, mengaplikasikan pengendalian kualitas statistik, dan memberdayakan demi peningkatan terus menerus.

TQM adalah paduan harmonis ilmu Organisasi, Marketing, dan Statistik. Travis menyatakan TQM terdiri dari Quality Assurance (QA) dan Quality Improvement (QI), di mana QA adalah aktivitas perusahaan menghasilkan bukti terdokumentasi dalam kualitas, sedangkan QI selalu dihubungkan dengan program berbagai level manajemen untuk mencapai keterampilan teknikal dan manajerial yang lebih baik dalam usaha meningkatkan metode operasi dan pengendalian secara terus menerus. Beberapa penampilan penting dari QI adalah mengindentifikasi suatu area spesifik peningkatan, kemudian mengimplementasikan dalam suatu proyek, menyiapkan kelompok kerja yang mempunyai kemampuan dalam mendiagnosa masalah, dan membangun solusi serta pengendaliannya.

Belajar dari negara maju, Ilmu Teknik Industri yang mula-mula diterapkan di pabrik mobil Ford Amerika pada permulaan abad 20, telah membuktikan bahwa masyarakat modern memerlukan produk teknologi dengan harga terjangkau. Sebelum itu, harga mobil sangat mahal karena dibuat dengan tangan (craftmanship) dan hasilnya sedikit. Saat itu dengan teknologi perakitan (assembly line) maka dapat dibuat banyak mobil dengan kualitas seragam dan harga terjangkau walaupun saat itu hanya satu model, yaitu berwarna hitam (Ford Model T). Mulai saat itulah dunia sadar dan berubah, industrialisasi dan dilanjutkan teknologi informasi membuat peradaban baru dunia, yaitu modernitas di mana ilmu Sains dan Teknologi menjadi tulang punggung pembangunan infrastruktur untuk kesejahteraan masyarakat. Di sinilah topik integrasi produktivitas dan kualitas yang merupakan domain Teknik Industri bermula.

Buku Panduan Ajar “TQM Manajemen Kualitas Total dalam Perspektif Teknik Industri-Edisi 2” ini dapat diselesaikan pada Juni 2010 dan di perbaharui pada Desember 2022. Pada edisi 2 ini telah dilengkapi dengan Tujuan Pembelajaran diawal Bab dan Pertanyaan di akhir Bab serta penyempurnaan tulisan.
Buku ini ditujukan bagi kalangan dosen dan mahasiswa untuk dijadikan sebagai salah satu acuan dalam pengajaran mata kuliah Manajemen Kualitas Total khususnya di lingkungan Bidang Teknik Industri di Indonesia.

Buku – Buku UI Publishing dapat di peroleh Gramedia dan toko toko buku lainnya

dapat pula di beli secara online di berbagai market place

Keterangan lebih lanjut mengenai buku dan penerbitan buku ber ISBN di UI Publishing dapat menghubungi UI Publishing di

email : desain@uipublishing.com

WA : 0818436500

Untuk menghubungi via WA dapat langsung klik link dibawah ini

wa.me/62818436500

About the Author: admin

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *