Pemanfaatan Nanoteknologi Dalam
Pengembangan Produk Farmasi Terkini

Segera Terbit

Pemanfaatan Nanoteknologi Dalam Pengembangan Produk Farmasi Terkini

Oleh: Silvia Surini

Perkiraan Harga Jual : Rp. 52.000

Pada abad ini produk-produk farmasi berkembang dengan pesat, baik dari jenis bentuk sediaannya maupun dari jenis sistem penghantaran obatnya dengan menggunakan beragam teknologi farmasi. Perkembangan produk farmasi merupakan proses yang panjang, yang dimulai dari penemuan zat aktif obat baru, perancangan formula produk baru, disain mutu produk, dan studi preklinis serta klinis. Namun, pada kesempatan ini terbatas pada pengembangan produk farmasi yang menggunakan teknologi nanopartikel.

Buku Berjudul Pemanfaatan Nanoteknologi Dalam Pengembangan Produk Farmasi Terkini, yang berisi penjelasan tentang nanoteknologi farmasetik dan riset mengenai penggunaan nanoteknologi farmasetik ini pada pengembangan produk farmasi. Buku ini mendeskripsikan pengembangan formulasi produk farmasi yang seringkali menghadapi tantangan karena unik dan kompleksnya sifat dan karakteristik zat aktif obat. Selain itu, bentuk sediaan farmasi dan/atau rute pemberian obat tidak selalu sesuai dengan yang diinginkan pasien, karena adanya keterbatasan pada formulasi obat tersebut. Tantangan-tantangan yang ada terkait sifat fisikokimia obat dan/atau formulasi obat dapat diatasi dengan salahsatunya nanoteknologi farmasetik.

Untuk mengatasi permasalahan-permasalahan obat terkait formulasi dan produk, maka dapat dikembangkan suatu sistem penghantaran obat maju (advanced drug delivery system) menggunakan nanoteknologi farmasi dengan rute pemberian obat yang lebih optimal.

Pengembangan senyawa-senyawa obat baru yang memiliki karakteristik fisikokimia yang kurang ideal, serta masih banyaknya tantangan dalam memformulasi sediaan farmasi yang nyaman dan lebih efektif bagi pasien, membutuhkan teknologi formulasi sediaan obat yang lebih maju dan terkini. Nanoteknologi farmasetika menjadi salahsatu solusi yang menjanjikan untuk meningkatkan keamanan, kenyamanan, dan efektifitasan obat.

Dari riset-riset yang telah dilakukan mengindikasikan bahwa pemanfaatan nanoteknologi dalam pengembangan produk farmasi terkini dengan sistem penghantaran obat maju niscaya dibutuhkan untuk menghasilkan produk-produk farmasi terkini yang aman, nyaman, efektif  dan inovatif.

Keikutsertaan industri farmasi di Indonesia dalam riset pengembangan produk farmasi nano- sangat direkomendasikan, agar muncul banyak inovasi dan percepatan pengembangan formula dan produk farmasi berbasis nanoteknologi yang dapat dipertanggujawabkan secara ilmiah, demi menjamin keamanan dan keefektifan produk.

Buku – Buku UI Publishing dapat di peroleh Gramedia dan toko toko buku lainnya

dapat pula di beli secara online di berbagai market place

Keterangan lebih lanjut mengenai buku dan penerbitan buku ber ISBN di UI Publishing dapat menghubungi UI Publishing di

email : desain@uipublishing.com

WA : 0818436500

Untuk menghubungi via WA dapat langsung klik link dibawah ini

wa.me/62818436500

About the Author: admin

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *