BUKU AJAR HERBAL MEDIK: Peran Herbal Medik dalam Bidang Kedokteran Indonesia

Segera Terbit

BUKU AJAR HERBAL MEDIK: Peran Herbal Medik dalam Bidang Kedokteran Indonesia

Oleh: Dr.dr.Telly Kamelia, Sp.PD-KP, FINASIM

Perkiraan Harga Jual : Rp. 180.000

Kesehatan adalah yang sesuatu yang berharga didalam hidup karena menjadi penunjang aktivitas manusia. Dengan menjaga kesehatan, manusia dapat berperan produktif untuk mencapai tujuan hidup yang diinginkan. Dunia kesehatan Indonesia masih dibayangi penyakit degeneratif yang bersifat kronis dan memerlukan pengobatan jangka panjang. Pengobatan terus-menerus terkadang menimbulkan masalah tersendiri. Disamping biaya pengobatan cukup mahal, terkadang pengobatan dengan obat-obatan kimia buatan tidak jarang menimbulkan efek samping yang berbahaya jika digunakan dalam waktu yang lama, bahkan menyebabkan kematian apabila dikonsumsi dengan frekuensi yang tinggi. Salah satu alternatif yang menjadi pilihan adalah memanfaatkan bahan alam yang mempunyai khasiat sebagai obat. Penggunaan bahan alam bekhasiat didasarkan pada pengalaman secara turun-temurun. Istilah back to nature menjadi tren dalam dunia pengobatan, yaitu konsumsi ramuan pengobatan herbal yang bahan dasarnya bersifat alami yang dipercaya harganya lebih murah efek sampingnya dapat ditekan seminimal mungkin.

bat Tradisional adalah bahan atau ramuan bahan yang berupa bahan tumbuhan, bahan hewan, bahan mineral, sediaan sarian (galenik) atau campuran dari bahan tersebut yang secara turun temurun telah digunakan untuk pengobatan, dan dapat diterapkan sesuai dengan norma yang berlaku di masyarakat.5,6 Sumber utama dari obat tradisional adalah tanaman obat. Tidak seluruh tanaman dapat dimanfaat sebagai obat tradisional karena tanaman yang digunakan hanya yang memiliki kandungan aktif uang berguna dalam pengobatan.
Keunggulan obat tradisional dibandingkan obat modern yaitu terkandung banyak senyawa aktif dalam obat tradisional sehingga menimbulkan efek komplementer (saling melengkapi), obat tradisional memiliki banyak efek farmakologis, dan efek samping samping relatif ringan. Kelemahan obat tradisional antara lain masih sedikit obat tradisional yang telah dibuktikan dengan penelitian dalam bentuk uji klinis, masih kurangnya standarisasi bahan obat tradisional, dan resistensi dari para tenaga kesehatan karena belum adanya uji klinis.

Buku Herbal medicine ini diperuntukan sebagai buku ajar mahasiswa kedokteran yang mengambil mata kuliah herbal maupun sejawat dokter dan tenaga kesehatan lainnya yang ingin mengenali dan mempelajari pengobatan herbal. Buku ini dikembangkan dari berbagai hasil penelitian, buku teks, dan karya ilmiah di bidang herbal.

Buku – Buku UI Publishing dapat di peroleh Gramedia dan toko toko buku lainnya

dapat pula di beli secara online di berbagai market place

Keterangan lebih lanjut mengenai buku dan penerbitan buku ber ISBN di UI Publishing dapat menghubungi UI Publishing di

email : desain@uipublishing.com

WA : 0818436500

Untuk menghubungi via WA dapat langsung klik link dibawah ini

wa.me/62818436500

About the Author: admin

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *