Buku Ajar Biologi Oral Dasar; Jaringan Gigi dan Periodontal

Segera Terbit

Buku Ajar Biologi Oral Dasar; Jaringan Gigi dan Periodontal

Gigi dapat dibagi menjadi dua bagian utama yaitu mahkota dan akar. Garis servikal yang melingkari gigi menandai batasan mahkota dan akar. Mahkota gigi merupakan bagian gigi yang terlihat di dalam rongga mulut, memiliki permukaan yang keras dan tembus cahaya. Mahkota gigi terbentuk dari jaringan email dan dentin. Akar gigi berada tertanam di dalam tulang alveolar, yang terdiri dari jaringan dentin, jaringan pulpa dan sementum yang merupakan jaringan pendukung gigi yang melekat pada jaringan dentin akar gigi.
Struktur jaringan gigi terdiri dari jaringan email, dentin dan pulpa. Email terdiri dari matriks termineralisasi, memberikan ketahanan struktural. Zat anorganik yang sangat tinggi pada jaringan email menjadikan email sebagai jaringan dalam tubuh yang paling keras. Email berfungsi memberikan perlindungan pada jaringan dibawahnya dentin dan pulpa. Enamel, karena mineralisasinya, sangat rentan terhadap demineralisasi oleh asam. Dentin diproduksi oleh sel odontoblas yang berada pada bagian tepi ruang pulpa dengan perpanjangan sitoplasma berada pada tubulus dentin. Jaringan pulpa mengandung odontoblas yang memiliki proses seluler yang meluas ke tubulus dentin, jaringan ikat longgar yang diproduksi oleh fibroblas, banyak pembuluh kecil, dan saraf. Gigi mendapatkan tertanam pada soket gigi dengan penjangkaran melalui ligamen periodontal dan tulang alveolar. Struktur jaringan gigi dan periodontal menjadi bagian mata kuliah Biologi Oral Dasar yang diberikan pada semester 1 kurikulum pendidikan kedokteran. Pemahaman mengenai struktur jaringan gigi dan periodontal diperlukan mahasiswa kedokteran gigi sebagai dasar pengetahuan untuk memahami proses patologis dan mempelajari ilmu kedokteran gigi klinik.

Buku ini disusun oleh penulis sebagai buku ajar untuk pembelajaran mata kuliah Biologi Oral Dasar. Pembahasan dari buku ajar ini meliputi struktur, komposisi, fungsi serta revelansi klinik dalam memahami jaringan gigi dan periodontal. Semoga buku ini dapat membantu mahasiswa untuk memahami jaringan gigi dan periodontal yang menhadi Dasar dalam memahami ilmu kedokteran gigi klinik.

Buku – Buku UI Publishing dapat di peroleh Gramedia dan toko toko buku lainnya

dapat pula di beli secara online di berbagai market place

Keterangan lebih lanjut mengenai buku dan penerbitan buku ber ISBN di UI Publishing dapat menghubungi UI Publishing di

email : desain@uipublishing.com

WA : 0818436500

Untuk menghubungi via WA dapat langsung klik link dibawah ini

wa.me/62818436500

About the Author: admin

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *