Buku Referensi Metode Penelitian Rekayasa Jaringan Tulang

Segera Terbit

Buku Referensi Metode Penelitian Rekayasa Jaringan Tulang

Penulis
Drg. Lisa R. Amir, PhD., PBO

Perkiraan Harga Jual : Rp. 48.000

Rekayasa jaringan merupakan pendekatan interdisipliner dalam pengembangan jaringan pengganti biologis yang memulihkan, memelihara, atau meningkatkan fungsi jaringan. Tujuan pendekatan rekayasa jaringan adalah pemulihan fungsi jaringan melalui penghantaran berbagai unsur yang terintegrasi ke dalam defek yang mengalami kerusakan. Metode penelitian rekayasa jaringan tulang dapat dilakukan pada kultur in vitro maupun eksperimen in vivo pada hewan coba.

Model kultur in vitro telah menjadi alat yang sangat diperlukan untuk menilai berbagai macam pertanyaan biologis termasuk pada penelitian rekayasa jaringan tulang. Eksperimen in vitro diterapkan untuk mengevaluasi fungsi sel, baik yang ditumbuhkan dalam suspensi, dalam lapisan tunggal (monolayer) dua dimensi, atau dalam konfigurasi tiga dimensi, seperti spheroid atau dalam konfigurasi multi-sel seperti pendekatan organ-on-chip. Kondisi kultur dipersiapkan untuk menyerupai kondisi dalam tubuh, dengan menumbuhkan sel pada tempat khusus seperti culture dish, culture plate, culture flask dan sebagainya, yang sesuai Dengan prinsip ‘Good Cell Culture Practice’ (GCCP).

Jaringan tulang memiliki struktur hierarkis dan kompleks untuk mendukung beragam fungsi mekanis, biologis, dan kimia tulang. Struktur tulang yang heterogen dan anisotropik terdiri dari susunan dan orientasi tidak teratur yang dioptimalkan dari struktur makro (tulang trabekula, kortikal), struktur mikro (osteon, spikula), struktur sub-mikro (lamelar, woven), struktur nano (kolagen fibrilar), dan sub-struktur nano (mineral, molekul kolagen). Arsitektur komponen-komponen tulang dirancang untuk memenuhi kebutuhan fungsional tulang. Prevalensi gangguan tulang meningkat dengan bertambahnya usia. Setiap bagian tulang yang hilang atau mengalami kerusakan yang disebabkan oleh trauma, tumor, nekrosis avaskular, dan/atau infeksi harus diganti dengan jaringan baru yang fungsional. Proses penyembuhan dimulai dengan fase peradangan, dimulai segera setelah patah tulang dan berlangsung hingga beberapa hari, di mana bekuan darah di tempat patah tulang memulai kerangka yang stabil untuk pembentukan.

Buku – Buku UI Publishing dapat di peroleh Gramedia dan toko toko buku lainnya

dapat pula di beli secara online di berbagai market place

Keterangan lebih lanjut mengenai buku dan penerbitan buku ber ISBN di UI Publishing dapat menghubungi UI Publishing di

email : desain@uipublishing.com

WA : 0818436500

Untuk menghubungi via WA dapat langsung klik link dibawah ini

wa.me/62818436500

About the Author: admin

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *