Protokol Prediksi Sedimentasi Waduk

Segera Terbit

Protokol Prediksi Sedimentasi Waduk

Penulis:
Arbor Reseda

Pekiraan Harga Jual: Rp. 48.000

Sedimentasi waduk adalah proses terangkutnya material sedimen dari satu atau lebih aliran yang masuk ke dalam waduk. Sedimentasi merupakan salah satu fenomena yang penting dalam eksistensi suatu waduk karena sebagai salah satu penentu usia waduk. Prediksi sedimentasi waduk membutuhkan data dan kajian yang cukup kompleks. Untuk itu, dibutuhkan suatu protokol yang dapat dijadikan pedoman dalam memprediksi sedimentasi waduk.

Sedimentasi waduk mengurangi kapasitas waduk rata-rata 1–3% setiap tahunnya. Permasalahan ini membutuhkan solusi cepat dan tepat. Permasalahan lain dalam penanganan sedimentasi waduk di Indonesia adalah keterbatasan data khususnya data debit jangka panjang. Hal tersebut menyebabkan angkutan sedimen waduk sulit untuk dianalisis. Material hasil dari erosi lahan di DAS waduk terangkut oleh debit sungai yang mengalir ke waduk menjadi sedimen dasar dan sedimen melayang. Sementara sedimen dasar mengendap di dasar sungai bagian hulu waduk, sedimen melayang terangkut masuk ke waduk melalui gaya kinetik debit air sungai yang masuk ke dalam waduk. Pada saat kecepatan angkutan sediment tersebut nol, partikel sedimen melayang mulai turun ke dasar waduk sehingga dapat dipastikan sedimen melayang merupakan material yang dominan.

Buku “Protokol Prediksi Sedimentasi Waduk” disusun sebagai panduan dalam memprediksi volume dan sebaran sedimen yang masuk ke dalam waduk. Hasil Prediksi sedimentasi waduk dapat digunakan sebagai salah satu masukan utama dalam menyusun strategi dan melakukan perencanaan serta pemeliharaan waduk, khususnya di bidang pengelolaan angkutan sedimen waduk.

Protokol prediksi sedimentasi waduk disusun untuk menjawab kebutuhan prediksi angkutan sedimen yang masuk ke dalam waduk-waduk yang ada di Indonesia dengan memperhatikan ketersediaan dan keterbatasan data sehingga diharapkan protokol ini dapat digunakan dan dikembangkan secara luas. Prediksi Sedimentasi Waduk yang diperkenalkan pada buku ini dilakukan secara sistematis melalui empat tahap. Empat tahap tersebut mencakup prediksi potensi erosi lahan tahunan pada daerah tangkapan atas waduk, model debit angkutan sedimen jangka panjang, model angkutan sedimen waduk secara spasial dan temporal serta prediksi sedimentasi waduk di masa mendatang.

Buku – Buku UI Publishing dapat di peroleh Gramedia dan toko toko buku lainnya

dapat pula di beli secara online di berbagai market place

Keterangan lebih lanjut mengenai buku dan penerbitan buku ber ISBN di UI Publishing dapat menghubungi UI Publishing di

email : desain@uipublishing.com

WA : 0818436500

Untuk menghubungi via WA dapat langsung klik link dibawah ini

wa.me/62818436500

About the Author: admin

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *