Buku Pemeriksaan Ultrasonografi (USG) Saraf Perifer Pada Pasien Kusta

SEGERA TERBIT

Buku Pemeriksaan Ultrasonografi (USG) Saraf Perifer Pada Pasien Kusta

Penulis
Dr. dr. Luh Karunia Wahyuni, Sp.KFR (K)
dr. Fitri Anestherita, Sp.KFR (K)
dr. Ibrahim Agung, Sp.KFR (K)
dr. Melinda Harini, Sp.KFR (K)
dr. Nelfidayani, Sp.KFR

Perkiraan Harga Jual : Rp. 48.000,-

Kusta adalah penyakit infeksi kronis yang disebabkan oleh kuman Mycobacterium leprae (M. leprae). Kuman ini mempunyai afinitas terutama pada saraf perifer, kulit, dan organ tubuh lain seperti mata, mukosa saluran napas atas, otot, tulang dan testis. Kasus kusta di Indonesia masih cukup tinggi, dimana Indonesia merupakan negara dengan jumlah kasus baru kusta tertinggi di Asia Tenggara dan ketiga terbanyak di dunia setelah India dan Brazil.

Kerusakan saraf akibat infeksi kuman M. leprae pada kusta dapat terjadi baik sebelum, selama maupun setelah pengobatan multi-drug treatment (MDT) yang seringkali menimbulkan deformitas pada ekstremitas. Pada kondisi kerusakan saraf dan deformitas yang tidak tertangani dengan baik, dapat menyebabkan disabilitas yang berdampak pada kesulitan dalam melakukan aktivitas sehari-hari dan partisipasi dalam kehidupan.
Deteksi dini gangguan fungsi saraf sangat penting dilakukan untuk menatalaksana dan mencegah terjadinya deformitas dan disabilitas pada ekstremitas atas dan bawah. Pemeriksaan ultrasonografi (USG) dapat dilakukan sebagai deteksi dini gangguan fungsi saraf perifer sebelum munculnya tanda dan gejala klinis pada pasien kusta.

Buku ini berisi tata cara pemeriksaan USG saraf perifer pada pasien kusta. Buku ini disusun dengan tujuan memudahkan tenaga medis untuk melakukan dan membuat interpretasi hasil pemeriksaan USG saraf perifer dalam melakukan deteksi dini dan tatalaksana penyakit kusta.

Buku – Buku UI Publishing dapat di peroleh Gramedia dan toko toko buku lainnya

dapat pula di beli secara online di berbagai market place

Keterangan lebih lanjut mengenai buku dan penerbitan buku ber ISBN di UI Publishing dapat menghubungi UI Publishing di

email : desain@uipublishing.com

WA : 0818436500

Untuk menghubungi via WA dapat langsung klik link dibawah ini

wa.me/62818436500

About the Author: admin

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *